Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Desain Alat Pereduksi Arus Transien Akibat Starting Beban Pada Jaringan Listrik Skala Rumah Tangga 900VA

Andri Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Andri. 2012. Desain Alat Pereduksi Arus Transien Akibat Starting Beban Pada Jaringan Listrik Skala Rumah Tangga 900VA. Tugas akhir, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi D3 Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Aripriharta, S.T. dan (II) M. Rodhi Faiz, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Arus Transien, Opto-triac, Triac

Setiap peralatan listrik saat awal operasi akan mengambil arus yang relatif lebih besar dari arus nominalnya. Alat listrik yang di dalamnya terdapat transistor dan terdapat gabungan rangkaian juga di dalamnya yang mudah sekali terkena tegangan transien akibat penyalaan awal alat elektronik tersebut. Hal itu yang menyebabkan mudah rusaknya komponen-komponen elektronik terutama pada transistor dan gabungan rangkaiannya. Saat kondisi peralatan itu cepat menyala dibutuhkan arus yang sangat besar jika dibandingkan arus nominal kondisi tunak. Lonjakan arus inilah yang disebut arus transien. Fungsi alat ini berguna untuk mengurangi lonjakan starting alat listrik pada rumah tangga tersebut, terutama pada saat beban puncak terjadi, sehingga mengamankan alat elektronik dari arus transien yang besar.

Pada prinsipnya kerja alat ini yaitu ketika mikrokontroler ATMega8 memberikan output berlogika 0 ke pin 2 MOC3041 yang telah diberi tegangan 5 volt pada pin 1, maka LED yang ada di dalam MOC3041 menyala dan disensor oleh photodioda yang terdapat zero crossing didalamnya yang mampu membuat opto-triac ini mulai konduksi saat siklus tegangan masukannya di titik nol. Kemudian memicu gate pada triac yang sudah mengalir tegangan 220Vac, sehingga setelah pemicuan terjadi maka triac akan mengalirkan namun tertunda karena mengalirnya tegangan ke beban di mulai dari titik nol sehingga beban menyala secara aman.

Alat pereduksi yang telah dibuat mempunyai kapasitas alat sesuai skala rumah tangga 900VA dengan tegangan AC 220 Volt dan frekuensi 50 Hz dan juga telah dicoba serta diuji dan diambil datanya pada lemari es “LG” berdaya 343 Watt. Dari hasil analisis dan pembahasan sebelum menggunakan alat pereduksi rata-rata arus transien yang terjadi yaitu 1,84 ampere dan dengan menggunakan alat pereduksi, arus transien dapat berkurang sampai 1,26 ampere sehingga kekuatan alat mengurangi lonjakan arus jika diprosentasekan sebesar 31,52 % dari arus sebelum menggunakan alat pereduksi.