Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

alat peraga tentang instalasi dan operasional mesin cuci sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah perawatan dan perbaikan

Redi Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Redi. 2011. Alat peraga tentang instalasi dan operasional mesin cuci sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah perawatan dan perbaikan , Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T.,M.Pd. (II) M.Rodhi Faiz, S.T.,M.T.

 

Kata kunci :  Instalasi dan operasional mesin cuci, Perawatan mesin cuci, Alat peraga

 

Dewasa ini manusia sering direpotkan oleh kegiatan / aktivitas yang sangat padat sehingga cenderung melalaikan tugas rumah tangga,salah satunya mencuci pakaian. Setiap hari orang dapat berganti pakaian satu hingga empat kalinya untuk mengenakan pakaian bersih, dan biasanya pada pegawai yang bekerja full day tidak cukup waktu untuk mencuci pakaian kotornya. Kebanyakan para pekerja full day memenfaatkan media mesin cuci sebagai alat bantu karena alat tersebut dirasa sangat menghemat waktu dan tenaga. Mesin cuci pula merupakan solusi baru untuk mencuci pakaian yang telah ada di masa kini. Bertolak dari kebutuhan mesin cuci yang semakain meningkat maka dalam tugas akhir ini, pembuatan media peraga mesin cuci merupakan judul yang di angkat Alat peraga ini akan berguna untuk para repair ataupun para mediator yang awam tentang sistim kerja mesin cuci.

Tujuan dari alat peraga instalasi dan operasional serta perawatan pada mesin cuci adalah (1). Melakukan perancangan alat peraga instalasi dan operasional mesin cuci, (2) Melakukan perakitan alat peraga instalasi dan oprasional mesin cuci, (3) melakukan  pengujian pada mesin cuci twin tube dan perawatan

Perancangan tugas akhir ini membahas tentang alat peraga instalasi dan operasional mesin cuci serta perawatan mesin cuci dalam matakuliah perawatan dan perbaikan, sebagai media pembelajaran baru yang yang lebih baik dan efektif. Sebab dengan adanya media peraga ini bahan pembelajaran dapat lebih mudah dipahamai oleh para siswa maupun masyarakat yang ingin belajar tentang mesin cuci . Alat peraga ini dipergunakan dengan tujuan membantu para pengajar lebih mudah menyampaikan materi kepada peserta didiknya.

Proses pembuatan alat peraga ini adalah melakuan pembongkaran terhadap setiap komponen – komponen yang ada di dalam mesin cuci aslinya dan merakitnya ulang untuk mempermudah mediator menganalisa sistem instalasi dan pengopereasian mesin cuci serta dapat melakukan perawatan pada media mesin cuci tersebut.

Kesimpulan yang di dapat dari melakukan perakitan dan pendisainan ulang dari alat peraga tentang instalasi dan operasional mesin cuci ini adalah (a) mengetahui desain sistem instalasi pada mesin cuci, (b) dapat memahami pengoperasian mesin cuci, dan (c) cara melakukan pengujian  pada mesin cuci serta perawatanya.