Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Alat Peraga Tentang Sistem Instalasi Mesin Pendingin Kulkas Satu Pintu

Sony Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaya, Sony. 2011. Alat Peraga Tentang Sistem Instalasi Mesin Pendingin Kulkas Satu Pintu. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Puger Honggowiyono P.,M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: Instalasi Kulkas, Sistem Pendingin, Alat Peraga, Akrillik

 

Lemari es atau kulkas adalah alat pendingin bahan makanan. Dalam pendinginan tersebut dapat langsung mendinginkan suatu bahan makanan karena terdapat sistem instalasi kelistrikan di dalam kulkas tersebut, untuk menghasilkan sebuah pengoperasian pendinginan dengan tepat dan stabil suhu didalamnya. Alat peraga mesin pendingin kulkas satu pintu dimaksudkan sebagai modul pembelajaran bagi para siswa maupun tukang reparasi yang ingin mengetahui tentang instalasi pada kulkas ,terutama kulkas satu pintu.

Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat alat peraga dari bahan kulkas yang dirakit ulang, untuk : (a) menjelaskan desain sistem instalasi kelistrikan pada kulkas satu pintu, (b) menjelaskan  cara pengoperasian  mesin pendingin kulkas satu pintu, dan (c) menjelaskan hasil pengujian suhu dan cara perawatan  pada kulkas satu pintu .

Perancangan tugas akhir ini membahas tentang alat peraga tentang sistem instalasi mesin pendingin kulkas satu pintu khususnya dalam matakuliah perawatan dan perbaikan, sebagai alat bantu pembelajaran untuk menciptakan proses belajar yang efektif. Sebab dengan adanya alat peraga ini bahan pembelajaran dapat lebih mudah dipahamai oleh para siswa maupun masyarakat yang ingin belajar tentang sistem pendingin dan pengoperasian serta perawatan pada kulkas. Alat peraga dipergunakan dengan tujuan membantu guru agar proses belajar siswa lebih efektif dan efisien.

Metode dan hasil dalam tugas akhir ini adalah  mesin kulkas bekas utuh dibongkar dan dirakit ulang, pada dinding-dinding kulkas di ganti dengan bahan akrillik yang transparan agar terlihat bagian dalam dari kulkas, yaitu komponen-komponen yang terdapat di dalam kulkas  sehingga para siswa, guru, dan masyarakat bisa mengetahui tentang proses atau desain alur terjadinya pendinginan dalam kulkas yang terdapat komponen utama seperti kompressor, kondensor, pipa kapiler, evaporator dll. Dalam proses pendinginan tersebut terjadi siklus refrigerasi, yaitu dimulai dari kompressor sebagai pengggerak utama yang memberi tekanan menuju kondensor,  setelah itu disaring oleh filter sebelum menuju evaporator .Dan pada evaporator inilah pusat pendinginan terjadi dan setelah itu kembali pada kompressor lagi, siklus ini berjalan terus menerus.

Berdasarkan hasil pembahasan dapat diambil kesimpulan dari pembuatan alat peraga mesin pendingin kulkas satu pintu ini yaitu: (a) bagaimana mengetahui desain sistem instalasi pada kulkas satu pintu, (b) bagaimana cara pengoperasian mesin pendingin kulkas satu pintu , dan (c) pengujian suhu dan cara melakukan perawatan pada kulkas satu pintu.