Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Alat Peraga Tentang Perangkat Dan Perbaikan Mesin Cuci Dalam Implementasi Matakuliah Perawatan Dan Perbaikan

Muhammad Iqbal

Abstrak


ABSTRAK

 

Iqbal, Muhammad. 2011. Alat Peraga Tentang Perangkat dan Perbaikan Mesin Cuci Dalam       Implementasi Matakuliah Perawatan dan Perbaikan, Tugas Akhir, Jurusan Teknik     Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) M. Rodhi Faiz,     S.T.,M.T.,   (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T.,M.Pd.

 

Kata kunci: perangkat dan perbaikan mesin cuci, alat peraga

 

Mesin cuci telah menjadi bagian dari kebutuhan yang cukup vital dalam kehidupan rumahtangga. Dengan demikan, tidak heran jika mesin cuci mengalami perkembangan yang cukup pesat pada waktu sekarang, terutama dari segi desain dan teknologinya. Alat peraga mesin cuci dimaksudkan sebagai modul pembelajaran bagi para siswa maupun tukang reparasi yang ingin membuka usaha servis alat elektronik rumahtangga khusunya mesin cuci.

Tujuan Tugas Akhir ini adalah: (a) mengidentifikasi komponen-komponen yang terdapat dalam mesin cuci, (b) memeriksa macam-macam kerusakan dan permasalahan yang sering terjadi pada mesin cuci, dan (c) menjelaskan cara menguji perbaikan dan kerusakan pada komponen-komponen mesin cuci.

Perancangan proyek akhir ini membahas alat peraga tentang perangkat dan perbaikan mesin cuci dalam implementasi matakuliah perawatan dan perbaikan, sebagai alat bantu pembelajaran untuk menciptakan proses belajar yang efektif. Sebab dengan adanya alat peraga ini bahan pembelajaran dapat lebih mudah dipahami oleh para siswa maupun masyarakat yang ingin belajar tentang mesin cuci dan alat peraga dipergunakan dengan tujuan membantu guru atau dosen agar proses belajar siswa lebih efektif dan efisien.

Metode desain yaitu alat peraga didesain agar para siswa maupun masyarakat dapat melihat isi dari mesin cuci dan menjelasakan komponen apa saja yang terdapat di dalam mesin cuci tersebut dengan mudah karena alat peraga ini didesain terbuka dari benda aslinya.

Berdasarkan hasil pembahasan dapat diambil kesimpulan dari pembuatan alat peraga mesin cuci yaitu: (a) identifikasi komponen-komponen yang terdapat di dalam mesin cuci twin tube, (b) cara memeriksa macam-macam kerusakan dan permasalahan yang sering terjadi dalam mesin cuci, dan (c) cara menguji perbaikan dan kerusakan pada komponen-komponen mesin cuci.