Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Desain Kontrol Daya Resistif Menggunakan TRIAC Berbasis Mikrokontroler

imam saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Imam. 2011. Desain Kontrol Daya Resistif Menggunakan TRIAC Berbasis Mikrokontroler. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. (II) Aripriharta, S.T.

 

Kata Kunci : TRIAC, Kontrol Daya, Mikrokontroler AT89S51

Jika sebuah saklar thyristor dihubungkan antara sumber arus bolak-balik dan beban, maka daya yang mengalir dapat diatur oleh variasi nilai rms tegangan yang diberikan pada beban, jenis rangkaian daya ini dikenal sebagai pengaturan tegangan bolak-balik. Umumnya pengaturan tegangan bolak-balik ini banyak digunakan pada pemanas industri, pengatur cahaya, pengatur kecepatan motor induksi 3 fasa. Oleh sebab itu, perlu adanya modul pengontrol daya sebagai praktikum bagi mahasiswa untuk memahami prinsip kerja dari alat tersebut.

Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini adalah: (1) Melakukan studi literature dan observasi desain kontrol daya resistif menggunakan TRIAC berbasis mikrokontroler. (2) Mensimulasikan rangkaian pemicuan TRIAC menjadi satu rangkaian dengan menggunakan mikrokontroler AT89S51 untuk mengatur sudut sulut dari TRIAC tersebut.

Prinsip kontrol daya resistif menggunakan TRIAC adalah daya yang mengalir ke beban diatur oleh penundaan sudut penyulutan thyristor. Dengan menggunakan mikrokontroler AT89S51, Mikrokontroler berfungsi sebagai pusat pengendali dan sebagai pengambil keputusan dari data-data yang dikirimkan oleh zero crossing detector. Sehingga pengambilan keputusan jadi lebih mudah dengan bantuan dengan keypad maka penyulutan TRIAC jadi lebih mudah untuk mendapatkan daya yang dibutuhkan oleh beban.

Pada tugas akhir ini pembuatan alat menggunakan mikrokontroler  AT89S51 untuk pengaturan sudut picu pada TRIAC. Sebagai objek percobaan menggunakan beban lampu untuk didapatkan data dan hasil visual keluaran pada kontrol daya pada TRIAC.