Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI INSTALASI LISTRIK GEDUNG D8 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Achmad Zulva Andrian

Abstrak


ABSTRAK

 

Andrian,Achmad Zulva.2011.Evaluasi Instalasi Listrik Pada Gedung D8 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Tugas Akhir, JurusanTeknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbi ng :(I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T,(II) Yuni Rahmawati S.T, M.T

 

Kata Kunci: Evaluasi,instalasi listrik ,rancangan, PUIL 2000.

Evaluasi instalasi listrik terhadap suatu bangunan adalah hal yang perlu dilakukan agar kualitas dari instalasi listrik tersebut tetap terjaga kondisi dan keandalannya. Energi listrik adalah hal utama dalam menunjang berbagai aktifitas yang di lakukan dalam bangunan tersebut. Dan instalasi listrik adalah sebagai perantara dari energi listrik sampai kepada konsumen. Instalasi listrik merupakan kebutuhan dalam penggunaan bangunan. Berbagai fungsi dari instalasi listrik tersebut sebagai penyaluran energi listrik pada titik beban seperti beban penerangan, beban peralatan listrik, hingga beban motor listrik. Sebagai contoh instalasi penerangan yang berpengaruh pada aktivitas pekerjaan seperti menulis, membaca dan lain lain. Instalasi penerangan yang baik adalah instalasi penerangan yang memperhitungkan segala sesuatu yang berhubungan dengan efektifitas kerja agar mendapatkan hasil yang optimal. Maka dari itu Persyaratan Umum Instalasi Listrik(PUIL) membuat tingkat iluminasi yang berbeda sesuai dengan fungsi daripada ruangannya masing-masing.

Instalasi listrik yang terselenggara dengan baik akan berdampak positif terhadap adanya penjaminan keselamatan manusia dari bahaya kejut listrik, keamanan instalasi listrik beserta perlengkapannya, keamanan gedung beserta isinya dari bahaya kebakaran yang dapat diakibatkan oleh listrik, dan pada perlindungan lingkungan. (PUIL 2000, 2000:1). Evaluasi yang dilakukan pada gedung D8 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang adalah evaluasi instalasi penerangan dan instalasi tenaga. Evaluasi bertujuan mendapatkan hasil kondisi nyata di lapangan yang di sesuaikan dengan standar PUIL 2000 dan peraturan yang berlaku dan juga mengetahui kondisi instalasi listrik apakah sudah baik atau belum. Setelah mendapatkan hasilnya maka akan merancang ulang ruangan yang belum sesuai dengan aturan. Evaluasi penerangan meliputi jumlah titik cahaya, intensitas cahaya. Untuk instalasi tenaga yaitu perhitungan dari stop kontak dan AC. Selain itu evaluasi ini juga mengamati penempatan yang belum sesuai dari perangkat atau komponen dari instalasi listrik, seperti penempatan stop kontak, saklar, dan panel.

Untuk perencanan ini ada beberapa hal yang mempengaruhi ketika akan menentukan titik lampu dan juga intensitas cahaya, yaitu luas ruangan, warna dinding, warna lantai, dan lain lain. Penerangan dalam kategori sangat baik yaitu 1000 lux untuk  ruang kerja, 500 lux untuk ruang kuliah dan 250 lux untuk penerangan setempat dan fasilitas umum seperti toilet dan tangga. Dalam kondisi yang ada di lapangan di dapatkan hasil intensitas penerangan yang belum sesuai kategori, penempatan sakelar dan stop kontak yang kurang dari 1,5 meter. Dengan adanya evaluasi ini di harapkan dapat membantu dalam merancang instalasi listrik.