Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Alat Pendeteksi Kerusakan Kabel Berbasis Mikrokontroller Atmega8535

mochamad bisri hanif

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanif, Moch. Bisri. 2011. Alat Pendeteksi Kerusakan Kabel Berbasis Mikrokontroller Atmega8535. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ahmad Fahmi S.T.,M.T.

 

Kata kunci : Mikrokontroller, Kabel

    Kabel di dunia elektronika atau kelistrikan sudah tidak asing lagi. Kabel listrik merupakan media penghantar tenaga listrik dari sumber tenaga listrik ke peralatan yang menggunakan tenaga listrik atau menghubungkan suatu peralatan listrik ke peralatan listrik lainnya.  Suatu kabel pasti memiliki standart minimal resistansi kabel agar kabel tersebut dapat bekerja dengan baik, bila resistansi kabel tersebut lebih besar dari standart kabel dianggap rusak dan tidak dapat bekerja dengan baik.

 Penggunaan mikrokontroller yang diaplikasikan pada alat pendeteksi kerusakan kabel , adalah salah satu metode dalam  pendeteksian kerusakan kabel. Tujuan yang hendak dicapai dalam Tugas Akhir ini adalah untuk menciptakan alat pendeteksi kerusakan kabel yang efektif serta diharapkan laporan dapat digunakan sebagai modul ajar dan alat pendeteksi kerusakan kabel  dapat digunakan sebagai alat praktek dalam pelajaran instalasi listrik.

Pada Tugas Akhir ini alat dirancang berbasis mikrokontroller ATMEGA8535 yang diintegrasikan dengan lcd 16x2 dan sumber tegangan  5v. Alat diujikan pada kabel NYY 1,5mm2. Metode pengujian dilakukan dengan memberikan variasi-variasi kerusakan kabel dan jenis tanah, yaitu kabel putus pada tanah basah dan kering, kabel rusak pada tanah basah dan kering.

Hasil dari Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya alat pendeteksi kerusakan kabel, penentuan kerusakan kabel menjadi lebih mudah. Semakin besar tegangan sumber semakin panjang kabel yang bisa diuji.

Berdasarkan hasil Tugas Akhir ini, disarankan agar dilakukan pengembang­an alat dengan menambah kapasitas suber tegangan dan pemrograman ulang mikrokontroller. Agar alat pendeteksi kerusakan kabel dapat menguji kabel yang lebih panjang dan lebih sensitif  pada kerusakan kabel.