Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI INVERTER SEBAGAI PENGENDALI PUTARAN PADA MOTOR INDUKSI TIGA FASA

Fauzia Aswin

Abstrak


ABSTRAK

 

Aswin, Fauzia. 2010. Implementasi Inverter Sebagai Pengendali Putaran Pada Motor Induksi Tiga Fasa . Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sujito, S.T., M.T.

 

 

Kata kunci: Inverter, Frekuensi, Motor Induksi Tiga Fasa.

 

 

Motor induksi tiga fasa merupakan mesin listrik yang bekerja mengubah energi listrik menjadi energi mekanis. Diberbagai perindustrian banyak sekali menggunakan mesin-mesin dengan penggerak utamanya adalah motor listrik, khususnya dalam mempermudah pekerjaan manusia yang semula berat dan banyak membutuhkan tenaga manusia menjadi sangat ringan dengan hanya diganti dengan motor listrik. Dalam pengoperasian motor induksi tiga fasa tidak hanya membutuhkan start dan running yang dalam pengoperasiannya, namun juga membutuhkan kontrol frekuensi putaran motor yang sesuai kebutuhan. Pengendalian frekuensi putaran motor dilakukan jika pada saat pengoperasian motor diperlukan ketepatan putaran pada frekuensi putar tertentu (misalnya frekuensi putar 30 Hz). Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat pengendalian frekuensi putaran yang dapat mengontrol putaran motor dengan tepat.

Pengendalian frekuensi putaran motor induksi tiga fasa dengan menggunakan inverter “Altivar 12” merupakan salah satu metode pengendalian putaran yang cukup efektif untuk diterapkan pada motor induksi tiga fasa. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengimplementasikan inverter “Altivar 12” sebagai alat inverter tegangan satu fasa menjadi tegangan tiga fasa serta sebagai pengendali frekuensi putaran yang efektif untuk motor induksi tiga fasa serta diharapkan laporan dapat digunakan sebagai modul ajar dan inverter “Altivar 12” dapat digunakan sebagai alat praktek kontrol motor dalam pelajaran mesin listrik khususnya motor induksi tiga fasa.

Metode perancangan meliputi: (1) perancangan sistem kontrol (hardware), (2) perancangan program (software). Prinsip kerja dari sistem kontrol ini adalah pengendalian frekuensi putaran motor yang dalam proses pengendalian frekuensi putarannya menggunakan program dari inverter “Altivar 12”. Hasil dari analisis tersebut adalah pengendalian frekuensi putar motor dapat disetting antara 10 Hz hingga 50 Hz serta waktu akselerasi dapat disetting sesuai kebutuhan.

Dari hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa untuk mengatur frekuensi putaran motor induksi tiga fasa dapat menggunakan inverter “Altivar 12”, di mana frekuensi dapat disesuaikan dengan program yang telah dibuat.