Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Pemanfaatan Sarana Prasarana di Laboratorium Menjahit pada Pembelajaran Pembuatan Busana (Custom-Made) Program Keahlian Busana Butik di SMK Negeri 5 Malang

Novia . Farida

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Novia. 2017. Studi Pemanfaatan Sarana Prasarana di Laboratorium  Menjahit pada Pembelajaran Pembuatan Busana (Custom-Made)  Program Keahlian Busana Butik di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi,  Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing : (I) Dra. Idah Hadijah, M.Pd., (II) Nurul Hidayati, S.Pd.,  M.Sn.

 

Kata Kunci : Sarana Prasarana, Pembelajaran, Pemanfaatan

 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan dan keterampilan peserta didik agar siap untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. SMKN 5 Malang berupaya mengem-bangkan keterampilan peserta didik melalui pembelajaran praktikum di laborato-rium, namun kondisi sarana prasarana laboratorium di SMKN 5 Malang belum memenuhi standar. Oleh sebab itu, sekolah sudah seharusnya menyediakan sarana prasarana yang menunjang sesuai dengan standar agar dapat dimanfaatkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan dengan maksimal sarta tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan sarana dan prasarana di laboratorium menjahit pada Pembelajaran Pembuatan Busana (Custom-Made) di SMKN 5 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Busana Butik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket tertutup dengan sejumlah 53 item pernyataan.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana laboratorium menjahit pada umumnya sudah dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran Pem-buatan Busana (Custom-Made). Pemanfaatan laboratorium tersebut meliputi sarana di laboratorium 1, laboratorium 2, dan laboratorium 3 yang sudah dimanfaat¬kan dalam pembelajaran, namun terdapat sarana yang kurang dimanfaatkan yaitu ketersediaan alat jahit pokok dan ketersediaan alat jahit penunjang di laboratorium 1. Prasarana di laboratorium 1, laboratorium 2, dan laboratorium 3 sudah dimanfaat¬kan dalam pembelajaran dan terdapat prasarana yang kurang dimanfaatkan yaitu keamanan dan kesehatan di laboratorium 1.

 Bagi pihak sekolah diharapkan agar dapat lebih memperhatikan dan menyi¬apkan fasilitas sarana prasarana laboratorium menjahit sesuai standar yang telah ditetapkan supaya peserta didik dapat menggunakan semua fasilitas labora-torium yang dibutuhkan ketika mengikuti pembelajaran. Selanjutnya, guru di-harapkan dapat mengarahkan dan membimbing peserta didik agar peserta didik dapat memanfaatkan sarana prasarana yang tersedia dengan maksimal sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran praktikum dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.