Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PENURUNAN KETUNTASAN BELAJAR MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA PADA MATA KULIAH MUB MODISTE ANGKATAN 2012 SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Eliza Esslatica

Abstrak


ABSTRAK

 

Matakuliah MUB Modiste pada tahun pelajaran 2015/2016 mengalami penurunan ketuntasan belajar pada angkatan 2012. Penurunan jumlah mahasiswa yang tidak tuntas jauh berbeda yang pada angkatan 2010 hanya 9,29%, angkatan 2011 6,15%, dan pada angkatan 2012 menjadi 33,33% dengan jumlah 21 mahasiswa. Penurunan jumlah terjadi dengan kondisi yang sama setiap tahunnya seperti beban matakuliah yang diambil bersamaan, dosen pengampuh, sajian matakuliah, dan target yang tetap sama. Tujuan penelitian ini adalahmendiskripsikan faktor-faktor  yang menentukan penurunan ketuntasan mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana pada matakuliah MUB Modiste angkatan 2012 semester gasal tahun pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2012 yang telah melaksanakan MUB Modiste. Penelitian ini adalah penelitian populasi atau penggunaan sampel jenuh dengan jumlah 63 responden.Instrumen yang digunakan adalah angket/kuisioner tertutup.

Hasil penelitian menyatakan faktor yang menentukan penurunan ketuntasan belajar MUB Modiste pada kategori “Menentukan” yaitu kelelahan fisik 74,6% dalam kategori cukup buruk, intelegensi 63,5% dalam kategori kurang baik, jumlah MK yang diambil 50,8% dalam kategori buruk, dan lingkungan masyarakat terhadap pemasaran 55,6% dalam kategori kurang baik.

 

Kesimpulannya faktor yang dalam kategori “Menentukan”adalah faktor intern penurunan ketuntasan belajar MUB Modiste meliputi faktor kelelahan fisik dalam penyelesaian target produk dan cash in terhadap waktu yang tersedia, faktor intelegensi mahasiswa yang kurang dalam menghadapi kesulitan selama pemenuhan target, dan jumlah MK yang diambil bersamaan MUB Modiste yaitu matakuliah Pameran, faktor ekstern pada kategoi “Cukup Menentukan”meliputi lingkungan masyarakat terhadap pemasaran MUB Modiste yang tidak maksimal, adapun faktor tidak menentukan meliputi bakat, motif/tujuan, dan evaluasi dosen. Saran bagi Jurusan Teknologi Industri dapat menyesuikan bobot matakuliah, peningkatan bimbingan dengan dosen PA dan mempertahankan pelaksanaan, dan pemisahan matakuliah dengan beban studi dan SKS yang besar. Bagi mahasiswa dapat memperbaiki dengan melakukan strategi dan manajemen waktu yang baik, melakukan bimbingan kepada PA, dan penyesuaian manajemen pemasaran dengan lingkungan sekitar. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan variabel lebih bervariasi.