Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PembuatanBusana Muslim WanitaDenganVariasiAnyamandanBelahanAsimetris

Whinda Veronica Putri Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

Pamungkas, Whinda, Veronica Putri. 2017. PembuatanBusana Muslim Wanita Dengan Variasi Anyaman dan Belahan Asimetris. TugasAkhir, Jurusan Teknologi Industri, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dra. Esin Sintawati, M.Pd, (II) Agus Sunandar, S.Pd.,M.Sn.

 

Kata Kunci: Busana Wanita, Trend Fashion 2015, Prolific,Anyaman dan Belahan Asimetris

 

Busanamerupakankebutuhanpokokmanusia yang harusdipenuhi, karena fungsi dasarnya yang melindungi tubuh dan terpenuhinya unsure kesusilaan, seiring berjalannya waktu serta perkembangan jaman dan teknologi, dunia fashion juga mengalami beberapa kemajuan.Menurut fungsinya jaman dahulu busana hanya untuk melindungi tubuh seseorang dari panas dan dingin, namun sekarang tujuan berbusana saat ini lebih dalam seperti; memenuhi unsure etika dan estetika, menutupi aurat bagi kaum muslimah, menunjukan gaya hidup seseorang, menunjukan status social dan ekonomi seseorang, menunjukan identitas seseorang, menutupi cacat atau kekurangan pada tubuh. Busana muslim adalah “pakaian yang dapat menutupi beberapa bagian khusus anggota tubuh manusia, busana ini dapat dijadikan sebagai busana muslim. Busana muslim wanita tidak boleh memiliki hiasan yang berlebihan dan tetap sederhana.Busana muslim wanita harus mencerminkan seorang muslimah.

 

Busana ini mengangkat tema Prolific, Prolific adalah salah satu tema besar yang adadalamtrend forecasting 2015/2016 di Jakarta Fashion Week 2014.Dalam buku (Re+habitat, 2014:94) menyatakanProlific adalah “terinspirasi oleh sejarah peradaban manusia dengan menggunakan merajut, menganyam dan teknik rumbai menggunakan warna-warna cerah, rapi terorganisir, dan pemotongan cenderung asimetris” Prolific juga lebih cenderung kepembuatan fabric baru.Dalam tema ini memberikan kesan lebih gembira dan ceria, meski mengangkat peradaban manusia namun tema ini tetap lebih inovasi dan kreatif.

 

Busana yang mempunyai hiasan anyaman ini akan terlihat menarik dengan bentuk asimetris,karena pada umumnya anyaman hanya terbuat dari rotan, disini anyaman diangkat menjadi sebuah busana dengan belahan asimetris.Asimetris member kesan abstrak atau acak tapi tetap memeperhatikan keindahan.