Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembuatan Busana Avantgarde Berbahan Plastik Dengan Hiasan Motif Garis

Ria Anggraeni Sri Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Ria Anggraeni Sri. 2014. Pembuatan Busana Avantgarde Berbahan Plastik dengan Hiasan Motif Garis. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nur Endah Purwaningsih, M.Pd , (II) Dra. Rosanti Rosmawati, M.Sn.

 

Kata Kunci : Busana Avantgarde, Bahan Plastik, Hiasan Motif Garis

 

Busana merupakan kebutuhan pokok manusia selain pangan dan tempat tinggal. Pada awalnya busana mempunyai fungsi sebagai alat pelindung diri dari pengaruh udara sekitar, binatang buas serta memenuhi unsur kesusilaan. Namun dengan seiring berkembangnya zaman busana tidak hanya menjadi alat pelindung diri, tetapi merupakan sarana untuk mengekspresikan diri bagi sipemakainya. Busana avantgarde merupakan busana yang digunakan untuk acara-acara fashion show atau acara panggung.  Bahan yang digunakan pada busana avantgarde ini bermacam-macam dan disesuaikan dengan selera dan desain si pembuat. Dalam Pembuatan busana avantgarde ini, penulis menggunakan bahan yang jarang digunakan dalam busana, seperti biasanya. Bahan yang penulis gunakan adalah jenis bahan plastik mika, selain itu penulis juga menambahkan hiasan motif garis menggunakan bahan pita satin pada bagian bahan plastik.

Dalam Pembuatan Busana Avantgarde Berbahan Plastik dan Hiasan Motif Garis, langkah awal adalah: (1) membuat sketsa; (2) desain produksi; (3) persiapan alat dan bahan; (4) pengukuran badan model; (5) pembuatan pola; (6) merancang bahan dan harga; (7) pembuatan draftbusana; (8)  pemotongan bahan (cutting); (9) proses menjahit (sewing); (10) pengepasan busana (fitting); (11) membuat hiasan; (12) finishing.

Kesimpulan  saat proses pembuatan  yaitu dibutuhkan ketelitian serta berhati-hati saat memasang bahan plastik yang dibentuk bergelombang. Selain itu pada saat memasukkan kawat BWG pada bagian tepi plastik juga harus berhati-hati, sebab jika tergores atau tertusuk maka plastik akan langsung berlubang atau sobek. Selain pada pembuatannya pada perawatannnya pun juga perlu diperhatikan agar busana tetap terjaga keindahannya. Untuk proses perawatan apabila busana ini terlihat kusut, maka tindakan yang perlu dilakukan adalah menjemur langsung dibawah sinar matahari selama kurang lebih 1 jam.