Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembuatan Busana Pesta dengan Draperi

Rosidah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosidah, 2011. Pembuatan Busana Pesta Dengan Draperi. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nur Endah Purwaningsih, M.Pd, (II) Dra. Esin Sintawati.

 

Kata Kunci: Busana Pesta, Draperi

Salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting adalah kebutuhan berbusana, dimana hal tersebut merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Kebutuhan berbusana bagi setiap individu mempunyai perjalanan sejarah yang awalnya hanya bertujuan sebagai pelindung dan penutup tubuh, kemudian berkembang menjadi fashion. Fashion memiliki siklus yang berputar, dimana gaya berbusana akan mengalami perubahan dari masa ke masa. Di dalam perubahan tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa gaya berbusana pada era masa lalu akan kembali menjadi trend di waktu yang akan datang. Terkait dengan adanya perputaran trend fashion, busana dengan draperi merupakan salah satu contoh yang kembali menjadi trend saat ini. Busana dengan draperi menjadi pilihan yang banyak diminati oleh pecinta mode, mulai dari busana formal, busana semi formal, maupun busana muslim.

Busana pesta dengan draperi ini dilengkapi dengan draperi dan merupakan mode busana dengan garis leher out off shoulder. Draperi terletak pada bagian tengah muka busana yang tersambung langsung pada bagian tengah belakang busana, sehingga draperi tampak menjuntai pada kedua sisi bagian panggul, yaitu sisi kanan dan kiri. Dress form digunakan sebagai alat pembantu untuk membentuk draperi. Bahan yang digunakan untuk pembuatan busana pesta dengan draperi adalah kain shantung strech berwarna biru tosca untuk bagian mini dress dan kain sifon berwarna biru laut untuk bagian draperi dan lengan, serta untuk bagian vuring menggunakan kain vuring kaos dengan jenis kaos spandex.

Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk menjelaskan tentang proses pembuatan busana pesta dengan draperi. Sedangkan manfaat dari penulisan Tugas Akhir ini adalah menambah pengetahuan mengenai pokok bahasan yang ada. Proses pembuatannya meliputi, pembuatan desain, pola, memotong bahan, menjahit, proses pengepasan, dan menghias busana.

Hasil yang diperoleh dari pembuatan busana pesta dengan draperi ini adalah busana pesta yang terbuat dari bahan shantung stretch dan sifon terlihat mewah karena sifat dari kedua bahan tersebut berkilau, dengan hiasan manik-manik. Bahan shantung stretch dapat mengikuti bentuk tubuh, sehingga terlihat pressbody, sedangkan bahan sifon yang melangsai dapat menghasilkan susunan kain yang lembut (tidak kaku).