Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pembuatan semi jaket pria menggunakan modifikasi lengan kop

emi ermawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Ermawati Emi. 2011. Pembuatan Semi Jaket Menggunakan Modifikasi Lengan Kop. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Progaram Studi Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Anik Dwiastuti, S. T, M. T, (II) Dra. Endang Prahastuti, M. Pd.

 

Kata Kunci : busana pria, semi jaket dan lengan kop

Busana termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia yang dikenakan pada tubuh dan berfungsi sebagai penutup tubuh, melindungi tubuh, menambah nilai estetika, memiliki rasa keindahan serta memenuhi syarat peradaban dan kesusilaan”. Berdasarkan pendapat tersebut, busana pria adalah segala sesuatu yang dikenakan oleh pria mulai dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki yang dapat mencerminkan kepribadian, pekerjaan dan statusnya. Serta dapat melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari. Busana yang dipilih penulis yaitu semi jaket menggunakan modifikasi lengan kop. Dikatakan semi jaket karena busana ini apabila ditinjau dari bahan tidak menghangatkan seperti fungsi jaket, tetapi apabila ditinjau dari teknik potong dan terdapat lapisan beserta vuring maka penulis menyebutnya semi jaket penulis juga menambahkan sesuatu baru pada tugas akhir ini yaitu lengn kop. Lengan kop biasa digunakan oleh wanita yang terdapat kerut pada puncak lengan, tetapi lain halnya dengan lengan kop yang diterapkan pada busana pria ini. Puncak lengan tidak dikerut melainkan dijahit melebar sesuai dengan bahu yang sudah dinaikkan sesai selera atau rumus tertentu.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan tugas akhir ini adalah menjelaskan tentang pembuatan semi jaket pria menggunakan modifikasi lengan kop dan manfaat tugas akhir ini dalah menambah pengetahuan dan inspirasi bagi pembaca untuk membuat semi jaket menggunakan modikasi lengan kop.

Proses pembuatan yang dilakukan adalah pettern, cutting, sewing dan finishing. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat semi jaket menggunakan modifikasi lengan kop adalah Rp. 66.950,00. Saran yang dapat diberikan oleh penulis untuk bahan katun jangan meletakkan disembarang tempat, karena kain katun mudah kusut. Serta rencanakan terlebih dahulu untuk pengembangan pola agar tidak terjadi kesalahan pada hasil jadi.