Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBUATAN BUSANA WANITA DENGAN VARIASI OPNAISEL

kurnia suyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Suyanti, Kurnia. 2011. Pembuatan Busana Wanita Dengan Variasi Opnaisel. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hapsari Kusumawardhani, M.Pd, (II) Dra. Agus Hery Supadmi Irianti, M.Pd.

 

Kata Kunci : Busana, Busana Wanita, Opnaisel

Busana merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang dikenakan dengan tujuan untuk melindungi diri baik secara fisik, etik, maupun estetik, arti busana adalah segala sesuatu yang dikenakan dari ujung rambut sampai ujung kaki, termasuk pelengkap busana, tata rias wajah dan tata rias rambutnya.

Busana wanita adalah segala sesuatu yang dikenakan oleh seorang wanita dari ujung rambut sampai ujung kaki, termasuk pelengkap busana, tata rias wajah dan tata rias rambutnya yang mendukung penampilan serta cenderung menimbulkan kesan feminin untuk menunjukkan identitas sebagai seorang wanita. Contoh busana wanita misalnya rok dan gaun.

Busana kurang lengkap apabila tidak disertai dengan hiasan-hiasan atau variasi yang selaras dan seimbang. Beberapa macam hiasan yang biasanya dipakai dalam busana yaitu bordir, manic-manik, sulam pita, opnaisel, serta masih banyak lagi hiasan yang lainnya, dari berbagai macam hiasan tersebut, penulis memilih opnaisel sebagai hiasan yang akan dibahas pada penulisan tugas akhir kali ini. Pengertian dari opnaisel adalah "lipatan kain lurus vertical yang dijahit tindas sebagai variasi pada baju, lebarnya bervariasai, ada yang 0.5cm, 1cm atau menurut keinginan".

Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk menjelaskan proses pembuatan busana wanita dengan variasi opnaisel. Manfaat yang ingin diperoleh antara lain menambah pengetahuan mengenai pembuatan busana wanita. Proses pembuatan busana wanita dengan variasi opnaisel antara lain: pembuatan desain, pengukuran, pembuatan pola, fitting, cutting, sewing, final fitting, finishing. Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 96, 250. 00. Hasilnya yang diperoleh adri pembuatan busana ini adalah sebuah busana wanita dengan variasi opnaisel. Akseroris yang digunakan yaitu anting dan cincin.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disarankan bahwa perhitungan ukuran yang tepat pada pembuatan pola sangat dibutuhkan sehingga tepat saat memotong bahan, dan hasil jadi busana yang kita buat sesuai dengan desain.