Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS

Findra Siswanti Dwi Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Findra Siswanti Dwi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif  model Think-Talk-Write, Hasil belajar

Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan pada bulan Agustus-Oktober tahun 2010 di SMP Negeri 7 Malang diketahui bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran yang sifatnya memusat yaitu tanya-jawab dan diteruskan dengan mengerjakan LKS. Kondisi ini menyebabkan proses pembelajaran kurang bervariasi. Dampaknya siswa merasa bosan dan akhirnya hasil belajar yang diperoleh siswa belum maksimal, nilai rata-rata ulangan harian 58,4 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) untuk mata pelajaran IPS adalah 70. Kondisi sosiokultural siswa kelas IX-A yang mayoritas berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah kebawah dan kurangnya motivasi dari orang tua yang mayoritas lulusan SD menyebabkan budaya belajar siswa menjadi rendah. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, termasuk dalam mata pelajaran IPS. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan  menerapan model pembelajaran Think-Talk-Write  yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 7 Malang dalam mata pelajaran IPS.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus, siklus pertama 1 pertemuan dan siklus kedua 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IX A dengan jumlah siswa 36 orang. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, hasil observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IX A SMP Negeri7 Malang. Rata-rata nilai sebelum tindakan adalah 58,4 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 59,6 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,12. Ketuntasan belajar klasikalnya juga mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar klasikal sebelum tindakan adalah sebesar 14%, meningkat pada siklus I menjadi 41,7 %, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 88,9 %. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini disarankan: (1) bagi guru IPS, model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Perlu memperhatikan alokasi waktu agar tahapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tujuan dapat tercapai.