Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBUATAN BUSANA PESTA REMAJA

Galuh Ajeng Rembuyung Perwitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Perwitasari, Galuh, Ajeng Rembuyung. 2011. Pembuatan Busana Pasta Remaja “Bubble Fish”. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Agus Hery Supadmi irianti, M.Pd. , (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si.

 

Kata Kunci : Busana Pesta, Remaja, Bubble Fish.

Busana merupakan salah satu kebutuhan pokok selain pangan dan papan. Busana adalah segala sesuatu yang dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki, termasuk aksesoris dan tatarias wajah dan rambut. Perkembangan busana sangat cepat, dan busana bukan hanya sebagai sarana untuk melindungi tubuh tetapi juga dapat digunakan untuk mengekspresikan diri bagi setiap penggunanya. Bahkan tidak jarang juga para remaja menggunakan busana sebagai alat untuk menunjukkan jati diri dan gaya hidup mereka.

Busana pesta “Bubble Fish” ini terinspirasi dari sebuah ikan yang dadannya mengelembung seperti balon, maka dari itu penulis menuangkan ide pada pembuatan busana pesta remaja dengan paduan rok balon pada bagian bawah gaun. Balon skirt adalah rok yang terbentuk dengan cara di kerut pada bagian pinggang dan dikerut pada bagian kelim rok bagian bawah.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah untuk memperkenalkan cara penerapan model gelembung atau balon pada busana. Manfaaat yang diperoleh dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah dapat dijadikan inspirasi bagi para pembacanya. Proses pembuatan yang dilakukan dari pembuatan busana pesta ini adalah pembuatan pola, memotong, membuat hiasan, menjahit dan finishing. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 95.200 Hasil yang diperoleh dalam pembuatan busana pesta ini adalah busana pesta remaja “Bubble Fish”. Aksesoris yang digunakan adalah anting dan sepatu.

Saran yang dapat diberikan adalah Pembuatan busana pesta dengan model gelembung pada bagian bawah atau biasa disebut dengan model balon hendaknya menggunakan isi dakron sehingga dapat memperoleh hasil gelembung yang sempurna.