Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBUATAN BUSANA PESTA DENGAN ASYMMETRIC STRIPES

Andika Vesti Faradina

Abstrak


ABSTRAK

 

Andika Vesti. 2011.  Pembuatan Busana Pesta Dengan Asymmetric Stripes. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nurul Aini, M. Pd, (II) Dra. Idah Hadijah.

 

Kata Kunci: Busana pesta, asymmetric stripes           

Busana pesta adalah busana yang dipakai untuk menghadiri suatu pesta, baik bersifat formal, semiformal, atau nonformal dan busana tersebut memiliki desain yang menarik dan terkesan mewah (glamour). Busana pesta dengan asymmetric stripes adalah model busana yang mempunyai ketidaksamaan bentuk atau panjang pada sisi kanan dan sisi kiri layer yang terlihat pada detail garis-garis miring atau diagonal yang terdapat pada gaun. Busana pesta ini berbentuk gaun dengan bentuk dasar bustier dan asymmetris stripes pada bagian bawah gaun, yang terbuat dari bahan shantung tafeta yang dikombinasikan dengan kain bercorak yang berwarna putih tulang.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah menjelaskan tentang busana pesta dan menjelaskan tentang pembuatan busana pesta dengan  asymmetric stripes. Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah  menambah pengetahuan dan inspirasi bagi pembaca untuk membuat busana pesta dengan asymmetric stripes.

Proses pembuatan yang dilakukan adalah pattern, cutting, sewing, dan finishing. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat busana pesta dengan asymmetric stripes adalah Rp. 371.950,00.

Hasil yang diperoleh dari pembuatan busana pesta ini adalah berupa gaun dengan bentuk dasar bustier dan asymmetris stripes pada bagian bawah gaun, yang terbuat dari bahan shantung tafeta yang dikombinasikan dengan kain bercorak.

Saran yang dapat diberikan  adalah  memerlukan ketelitian pada saat membuat pola. Dalam membuat pola ini, draft harus difitting, pada pola layers dan harus tepat pada bagian pinggang pola bustier dan membuat garis pola baru pada bagian bustier, agar memproleh garis pola yang sempurna. Pada saat proses penjahitan zipper, sebaiknya kampuh pada layer 1 dan 2 ditipiskan secara bertingkat, adapun cara lain menjahit zipper yaitu manggunakan jahitan tangan, dengan menggunakan tusuk tikam jejak.