Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBUATAN CIRCLE DRESS DENGAN HIASAN BERBENTUK SIRIP IKAN

NIKE YULINDA RAHARJO

Abstrak


ABSTRAK

 

Raharjo, Nike Yulinda. 2011. Pembuatan Circle Dress Dengan Hiasan Berbentuk Sirip Ikan. Tugas Akhir, Jurusan Teknologí Industri, Program Studi diploma Tiga Tata busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Agus Sunandar, S.Pd., M.Sn (II) Dra. Ida Hadijah

 

Kata Kunci: Circle dress, Hiasan, Sirip ikan

Circle dress merupakan pakaian bentuknya sangat lebar, ramping pada bagian atas, dan sangat bergelombang pada bagian bawah. Circle dress yang penulis buat merupakan dress one piece dengan model simetris dress dan potongan Siluet "A" bagian atas terdapat potongan pada bagian high bust.

Circle dress terinspirasi dari ombak laut yang bergelombang sedangkan hiasan busana terinspirasi dari sirip ikan. Berpenampilan menarik tidak hanya diperlukan keserasian dalam berbusana, namun juga dibutuhkan sesuatu yang berbeda untuk itu diperlukan adanya hiasan busana. Hiasan busana berfungsi untuk memperindah dan mempertinggi mutu busana tersebut Penempatan hiasan yang tepat dapat membantu mode busana sederhana menjadi terlihat menarik.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah untuk menciptakan suatu desain dress yang menerapkan hiasan berbentuk sirip ikan. Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah dapat dijadíkan sebagai sumber inspirasi bagi pembaca untuk mendesain dress yang menggunakan hiasan berbentuk sirip ikan.

Proses pembuatan yang dilakukan adalah pattern, cutting, sewing, dan finishing. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 116.600,00 Hasil yang diperoleh dari pembuatan dress ini adalah berupa circle dress dengan hiasan berbentuk sirip ikan. Aksesoris yang digunakan adalah anting, gelang dan sepatu.

Saran yang dapat diberikan adalah pada saat pemasangan hiasan sirip ikan dibagian high bust sebaiknya menggunakan jarum jahit yang berukuran 13 dan menggunakan mesin high speed dengan sepatu jahit walking food (sepatu jahit khusus untuk kain berbahan tebal) atau menggunakan tusuk tikam jejak.. Penataan hiasan duri-duri sebaiknya menggunakan bahan utama kombinasi wama hitam dan coklat disusun selang-seling sehingga tidak perlu menggunakan cat acrylic. Pada waktu pemasangan duri-duri ikan disusun sedikit mengarah diagonal sehingga jatuhnya duri-duri ikan akan sesuai dengan desain.