Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pembuatan busana pesta dengan hiasan volant

peny dewi anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Peny, Dewi. 2011. Pembuatan Busana Pesta Dengan Hiasan Volant. Tugas  Akhir,  Program  Studi  D3  Tata  Busana,  Jurusan  Teknologi  Industri, Fakultas  Teknik,  Universitas  Negeri  malang.  Pembimbing  (i)  Agus  Sunandar, S.Pd., M.Sn, (ii) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si

 

Kata Kunci: Busana Pesta, Hiasan, Volant

Busana  pesta  merupakan  busana  yang  dipakai  untuk  menghadiri perayaan  atau  pesta.  Pesta  dapat  bersifat  keagamaan maupun  berkaitan  dengan acara-acara pribadi dan keluarga baik yang bersifat  formal,  semiformal atau non formal  untuk  memperingati  atau  merayakan  suatu  peristiwa  khusus  dalam kehidupan seseorang.

Busana  pesta  yang  bersifat  formal  adalah  busana  pesta  yang  memiliki aturan  tertentu  dan  digunakan  untuk  menghadiri  acara  atau  perayaan  formal seperti  pada  acara  serah  terima  jabatan  atau  acara  pelantikan.  Busana  pesta semiformal  merupakan  busana  pesta  yang  digunakan  untuk  menghadiri  suatu acara yang hikmat namun  tetap  santai dan pada acara bertema yang didalamnya terdapat dresscode, atau pada acara pernikahan yang sifatnya hikmat tetapi santai. Busana  pesta  nonformal  merupakan  busana  pesta  yang  tidak  memiliki  aturan tertentu dadat digunakan misalnya pada acara ulang  tahun yang diadakan di  luar ruangan (outdoor).

Pada pembuatan Tugas Akhir ini, penulis membuat sebuah karya busana yang berjudul “Pembuatan Busana Pesta dengan Hiasan Volant”. Busana pesta ini  dapat  digunakan  untuk menghadiri  pesta  semi  formal, misalnya  pesta  ulang tahun, pertunangan, atau acara semiformal  lain yang bertema. Pembuatan busana pesta ini menggunakan kain shantung dan kain bercorak yang jenisnya agak kaku dengan  tujuan  agar  busana  terlihat  lebih  tegas  dan   menghasilkan  bentuk  yang unik serta memberi kesan cute pada si pemakai.

Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  pembuatan  Tugas  Akhir  ini  adalah ingin menampilkan  suatu  karya  busana  dengan menggunakan  teknik  pembuatan strapless bertali yang digabungkan dengan hiasan volant yang ditata secara acak dan memanjang pada bagian belakang rok sehingga menyerupai bentuk ekor ikan. Karya  busana  ini  sesuai  dengan  trend  fashion  2011  yang  sebagian  besar mengangkat  tema  tentang  pesona  laut. Adapun manfaat  dari  hasil  Tugas Akhir dengan  judul  Pembuatan  Busana  Pesta  dengan  Hiasan  Volant  ini  adalah meningkatkan  keterampilan  dan  kreatifitas mahasiswa  dalam mendesain  busana sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan, sebagai sumber  inspirasibagi pembaca dalam pembuatan busana pesta dengan hiasan volant. Proses pembuatan busana pesta dilakukan dengan  cara pembuatan draft busana berukuran “s” menggunakan kain blacu, kemudian dilakukan fitting untuk mendapatkan hasil yang pas badan dengan model, selanjutnya proses pembuatan dengan  bahan  utama  hingga  proses  finishing.  Biaya  yang  dikeluarkan  dalam pembuatan busana pesta ini adalah Rp. 292.000,-

Hasil  yang  diperoleh  dari  pembuatan  busana  pesta  ini  adalah  berupa Busana Pesta dengan Hiasan Volant yang memiliki kesan elegan dan cute pada si pemakai karena pada bagian bawah busana terdapat hiasan volantyang ditata acak dan memanjang pada bagian belakang. Pada  pembuatan  busana  pesta  dengan  hiasan  volant  harus  dibuat perencanaan  yang  tepat  tentang  penggunaan  bahan,  cara  peletakan  hiasan  serta teknik  sewing  lainnya  agar  menghasilkan  busana  pesta  sesuai  dengan  yang diinginkan.