Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembuatan Busana Pesta dengan Ruffles dan Modifikasi Smock Jepang

Luklu'il Maknun

Abstrak


ABSTRAK

 

Maknun, Luklu’il. 2011, Pembuatan Busana Pesta dengan Ruffles dan Modifikasi Smock Jepang. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si, (II) Dra. Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd.

 

Kata Kunci: Busana Pesta, Ruffles, Modifikasi, Smock Jepang

Hasrat untuk berkreatifitas sangat diperlukan untuk seseorang yang berkecimpung di dunia busana. Seiring berjalannya waktu busana berkembang tidak hanya sebagai kebutuhan melindungi tubuh saja, namun sebagai gaya hidup untuk tampil menunjukkan ciri khasnya.

Busana pesta salah satunya, menjadi dambaan setiap wanita untuk tampil menawan dalam sebuah acara. Hal tersebut sangat menarik sehingga membuat Penulis ingin menciptakan busana pesta dengan desain menggunakan model ruffles dan smock Jepang yang dimodifikasi, agar tercipta busana dengan detail yang eksklusif.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah menjelaskan tentang pembuatan ruffles dan modifikasi smock pada busana pesta. Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan tugas akhir ini adalah menambah pengetahuan dan memberi inspirasi kepada pembaca, untuk membuat busana pesta dengan menggunakan model ruffles dan modifikasi smock Jepang.

Dalam Tugas Akhir ini dikembangkan bagaimana proses pembuatan busana pesta, dengan menggunakan model ruffles dan pengembangan dari smock Jepang yaitu dengan cara memodifikasinya.