Tugas Akhir Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembuatan Busana Pesta dengan Kombinasi Smock Jepang Model Ekor Ikan

Nika Sayekti

Abstrak


ABSTRAK

 

Nika Sovia S. 2011. Pembuatan Busana Pesta dengan Kombinasi Smock Jepang Model Ekor Ikan. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi Diploma Tiga Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Dwi Astuti Sih Apsari, M. Kes (II) Dra. Endang Prahastuti, M. Pd.

 

Kata Kunci: Busana Pesta, Smock Jepang Model Ekor Ikan.

Busana adalah segala sesuatu yang dipakai mulai dari kepala sampai ujung kaki yang memberi kenyamanan dan menampilkan keindahan bagi pemakainya. Busana yang indah bukan selalu busana yang mewah ataupun mahal, dengan busana yang sederhana dan sedikit sentuhan kombinasi yang sesuai akan membuat busana itu kelihatan menarik. Dalam pembuatan busana pesta ini penulis memilih Smock Jepang model ekor ikan sebagai kombinasinya karena tekstur dari Smock Jepang model ekor ikan yang sangat mirip dengan ekor ikan, hal tersebut sesuai dengan busana pesta yang terinspirasi dari ikan terbang yang dibuat oleh penulis Bahan yang digunakan dalam pembuatan busana pesta ini menggunakan bahan shantung stretch yang bersifat elastic. Jarang sekali ditemukan shantung stretch diterapkan pada busana pesta dengan kombinasi smock. Dalam pemilihan warna, pada kesempatan kali ini penulis menggunakan warna biru tua dan biru muda karena sesuai dengan tema busana pesta, warna tersebut identik dengan warna laut yang dekat sekali dengan tema ikan terbang.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah menjelaskan tentang pembuatan busana pesta dan Smock Jepang model ekor ikan. Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah menambah pengetahuan dan inspirasi bagi pembaca dalam membuat busana pesta dengan kombinasi Smock Jepang model ekor ikan.