Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Robot Forklift Line Follower Untuk Optimasi Pengambilan Barang Pada Gudang

Iqbal Maulana Sakti

Abstrak


RINGKASAN

 

Sakti, Iqbal Maulana. 2018. Robot Forklift Line Follower Untuk Optimasi Pengambilan Barang Pada Gudang. Skripsi. Program Studi S1 Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D., (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata kunci: Prototype Robot Forklift Line Follower, Line Follower, Forklift. ESP8266, Iot.

Gudang adalah fasilitas khusus yang bersifat tetap, yang dirancang untuk mencapai target tingkat pelayanan dengan total biaya yang paling rendah. Gudang dibutuhkan dalam proses koordinasi penyaluran barang, yang muncul sebagai akibat kurang seimbangnya proses penawaran dan permintaan. Besarnya gudang tempat menyimpan barang akan memerlukan bantuan mesin untuk pengambilan barang. Dalam pengambilan barang di gudang salah satu caranya adalah menggunakan bantuan mesin forklift. Mesin forklift yang dikendalikan oleh manusia memiliki keterbatasan waktu operasional. Hal tersebut menjadikan kinerja forklift dalam pengambilan barang menjadi kurang efisien. Atas dasar pemikiran tersebut maka dalam skripsi ini dibuat Robot Forklift Line Follower Untuk Optimasi Pengambilan Barang Pada Gudang.

Cara kerja robot forklift line follower adalah sebagai Robot Mobile pengambil barang bedasarkan kode untuk mengenali barang yang dikirim melalui jaringan lokal. Robot ini menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai kontrol utama. Robot ini akan menerima perintah kode rak yang dikirimkan dari Personal Computer (PC) dan akan berjalan sesuai jalurgaris yang berwarna hitam dengan menggunakan kontrol PID, selanjutnya robot akan mencocokan kode yang ada pada rak-rak barang.Dengan menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai pemrosesan data, ESP8266 sebagai kontrol jaringan, sehingga robot ini diharapkan dapat membantu dalam pengambilan barang pada gudang dan bekerja secara efisien dan efektif.

Hasil perancangan yang dicapai adalah sebuah robotforklift line follower yang dikendalikan menggunakan Personal Computer (PC)melalui jaringan wireless dengan sistem kendali otomatis. Total keberhasilan yang dicapai sebesar 60% untuk pengambilan barang secara acak pada 9 rak, dimana kegagalan terjadi pada saatdriver motor robot mulai panas sehingga mengurangi pergerakan motor pada bagian penggerak utama robot.