Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Kesukaan Kue Kembang Goyang dengan Penambahan Ikan Teri Nasi

Aswinda Nurika Andryaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Andryaningrum, Aswinda Nurika. 2017. Uji Kesukaan Kue Kembang Goyang dengan Penambahan Ikan Teri Nasi. Tugas Akhir. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Rina Rifqie Mariana, M.P. (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S.Pd,. M.Pd.

 

Kata Kunci: Kembang Goyang, Teri Nasi, Uji Kesukaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan formulasi yang sesuai pada pembuatan kue kembang goyang dengan penambahan teri nasi serta mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap warna, rasa, aroma dan tekstur kue kembang goyang teri nasi.

Uji coba penelitian dilakukan sebanyak 3 kali untuk menentukan formulasi yang sesuai prosedur. Persentase penambahan teri nasi yang digunakan sebanyak 5 gram, 10 gram, dan 15 gram. Formulasi yang digunakan uji kesukaan adalah formulasi resep uji coba kedua dengan penambahan ikan teri nasi sebanyak 10 gram. Formulasi ini menghasilkan kue kembang goyang yang memiliki warna golden brown dan terdapat bintik-bintik coklat dari ikan teri nasi yang dicincang, rasa gurih, tekstur renyah, dan aroma yang tidak amis. Metode perhitungan hasil uji hedonik yaitu dengan menggunakan persentase. Jumlah panelis yang melakukan uji hedonik yaitu sebanyak 35 panelis agak terlatih dengan 2 kali pengulangan.

 

Hasil uji kesukaan terhadap rasa kue kembang goyang teri nasi yaitu sebanyak 74,28% panelis yang mengatakan suka. Hasil uji kesukaan terhadap warna kue kembang goyang teri nasi yaitu sebanyak 80% panelis menyatakan suka. Hasil uji kesukaan terhadap aroma kue kembang goyang teri nasi yaitu sebanyak 70% panelis menyatakan suka. Hasil uji kesukaan terhadap tekstur kue kembang goyang teri nasi yaitu sebanyak 84,29% panelis menyatakan suka.