Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Hedonik Donat Kentang dengan Penambahan Tepung Bayam Merah

Ollaf Adimassatrio Hanugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanugroho, Ollaf. A. 2017. Uji Hedonik Donat Kentang dengan Penambahan Tepung Bayam Merah. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Soenar Soekopitojo, M.Si. (II) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes.

 

Kata kunci: Donat Kentang, Bayam Merah, dan Tepung Bayam Merah

Bayam merah sering disebut bayam gelatik. Daun bayam merah terdapat senyawa karoten, saponin, dan antosianin. Donat kentang adalah jenis roti berbentuk cincin yang proses pematangannya dengan cara digoreng.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formula donat kentang bayam merah yang disukai oleh panelis, mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, tekstur, dan warna donat kentang bayam merah.

Ujicoba dilakukan sebanyak 2 kali yaitu dengan mendapatkan perbandingan tepung bayam merah dan terigu. Formulasi yang tepat dan digunakan yaitu resep uji coba ke 2 dengan perbandingan tepung bayam merah 15% dari berat terigu dan terigu protein tinggi 250 g. hasil dari uji coba formula 2 yaitu menghasilkan rasa manis dan sedikit langu khas daun bayam merah, tekstur berongga, tidak bantat, tidak keras, dan warna cokelat tua. Jumlah panelis untuk uji hedonik sebanyak 35 panelis dengan 2 kali pengulangan. Data dianalisis menggunakan persentase.

 

Hasil tingkat kesukaan panelis terhadap rasa donat kentang bayam merah, persentase tertinggi adalah 46% menyatakan suka, tingkat kesukaan panelis terhadap tekstur yaitu 51% menyatakan suka dan tingkat kesukaan panelis terhadap warna yaitu 36% menyatakan suka