Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Hedonik Nugget Ikan Ayam-Ayam

Yuni Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Y. 2017. Uji Hedonik Nugget Ikan Ayam-Ayam. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik . Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd., (II) Aisyah Larasati, S. T., M.T., MIM., Ph.D.

 

Kata Kunci : Nugget, Ikan Ayam-ayam

Nugget ikan ayam-ayam merupakan salah satu produk olahan ikan yang berbahan dasar ikan ayam-ayam dengan penambahan bahan isi wortel dan bawang bombay. Pengolahan nugget ikan ayam-ayam mampu untuk meningkatkan nilai ekonomis, nilai gizi dan pemanfaatannya sebagai diversifikasi pangan. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh fomulasi nugget ikan ayam-ayam yang tepat dan mendapatkan informasi tentang tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, aroma, warna, tekstur pada produk nugget ikan ayam-ayam.

Uji coba resep dilakukan sebanyak dua kali. Formulasi resep pertama dengan daging ikan ayam-ayam sebanyak 200 gram, tepung sagu sebanyak 50 gram, wortel yang di potong kecil-kecil. Formula resep kedua dengan penambahan daging ikan ayam-ayam sebanyak 400 gram, tepung sagu sebanyak 120 gram, wortel dan bawang bombay. Formulasi yang tepat dihasilkan dari resep kedua. Nugget ikan ayam-ayam yang dihasilkan dari uji coba kedua berwarna golden brown, rasa gurih karena protein ikan ayam-ayam, aroma khas ikan ayam-ayam dan tekstur juiciness dan empuk. Metode perhitungan hasil uji hedonik yaitu menggunakan persentase. Jumlah panelis yang mengikuti uji hedonik adalah 35 orang dengan dua kali pengulangan.

 

Hasil dari uji tingkat kesukaan adalah sebanyak 41,1% panelis menyatakan  suka dengan warna nugget ikan ayam-ayam,  48,5%  panelis menyatakan suka terhadap tekstur  nugget ikan ayam-ayam, 68,5 %  panelis menyatakan suka terhadap rasa terhadap nugget ikan ayam-ayam  dan 50% panelis menyatakan suka terhadap aroma terhadap nugget ikan ayam-ayam.