Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Tingkat Kesukaan Snack Rumput Laut Eucheuma spinosum dengan Penambahan Sari Sawi Hijau sebagai Pewarna Alami

Nur Malitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Malitasari, Nur. 2017. Uji Tingkat Kesukaan Snack Rumput Laut      Eucheuma spinosum dengan Penambahan Sari Sawi                 Hijau sebagai Pewarna Alami. Tugas Akhir. Jurusan                 Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas

Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Titi Mutiara       Kiranawati, M.P. (II) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes.

 

Kata Kunci: Snack rumput laut, sawi hijau, uji tingkat kesukaan

Rumput laut merupakan salah satu tanaman jenis alga yang tergolong divisi Thallophyta dan merupakan tanaman yang tidak memiliki akar, batang, maupun daun. Salah satu jenis rumput laut yang dibudidayakan di Indonesia dan paling banyak komoditasnya, khususnya di Jawa Timur adalah rumput laut jenis Eucheuma spinosum. Melimpahnya rumput laut sedangkan pemberdayaannya terbatas, maka upaya untuk pemanfaatan rumput laut perlu lebih ditingkatkan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan menganekaragamkan jenis produk olahan rumput laut. Salah satu penanganannya adalah dibuat sebagai makanan ringan.

Makanan ringan atau snack rumput laut ini merupakan makanan yang berbahan dasar dari rumput laut jenis Eucheuma sp. yang telah dihaluskan dan diberi bumbu, kemudian dicetak untuk dikeringkan dan digoreng. Snack rumput laut ini juga dipadukan dengan air dari sawi hijau yang diperas sebagai pewarna alami agar snack terlihat lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi yang disukai dalam pembuatan snack rumput laut Eucheuma sp. dengan penambahan sari sawi hijau sebagai pewarna alami, sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan hasil yang dapat diterima oleh konsumen. Penelitian yang dilakukan menggunakan uji hedonik/uji tingkat kesukaan dengan jumlah panelis yang menilai produk snack rumput laut sebanyak 35 panelis dan melakukan pengulangan uji tingkat kesukaan sebanyak 2 (dua) kali dengan panelis yang sama.

 

Hasil uji tingkat kesukaan terhadap warna snack rumput laut sebesar 70% panelis menyatakan suka, 67,14% panelis menyatakan suka terhadap rasa snack rumput laut, dan 68,57% panelis menyatakan suka terhadap tekstur snack rumput laut. Pada hasil uji tingkat kesukaan tersebut panelis menyatakan suka dari kriteria-kriteria tersebut. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk snack rumput laut disukai oleh panelis.