Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Hedonik Produk Mie dengan Penambahan Kupang Putih (Corbula faba Hinds)

Aulia Hafidhah Apristia

Abstrak


ABSTRAK

 

Apristia, A.H. 2017. Uji Hedonik Produk Mie dengan Penambahan Kupang Putih (Corbula faba Hinds). Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Aisyah Larasati, Ph.D. (2) Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd.

 

Kata Kunci: Mie, kupang putih, uji hedonik

Kupang putih merupakan hasil tangkapan laut yang hasil pengolahannya masih kurang bervariasi, sehingga mie dengan penambahan kupang putih merupakan produk inovasi mie yang dapat meningkatkan nilai ekonomis kupang putih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi yang tepat produk mie dengan penambahan kupang putih dan untuk mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap warna, rasa, aroma, dan tekstur.

Mie dengan penambahan kupang putih melalui dua kali uji coba. Jumlah penambahan kupang pada kedua uji coba sebanyak 20% dari berat tepung yang digunakan. Formulasi yang digunakan untuk uji hedonik adalah formulasi resep uji coba yang kedua yang menggunakan pengurangan jumlah terigu, penambahan jumlah tepung tapioka, penambahan jumlah air, penambahan penggunaan minyak goreng dan penambahan penggunaan air khi. Mie yang dihasilkan dari uji coba kedua berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik kehitaman yang berasal dari kupang putih, rasa gurih dengan sedikit flavour kupang, aroma khas kupang, dan tekstur kenyal. Metode perhitungan hasil uji hedonik yaitu dengan menggunakan persentase. Jumlah panelis yang mengikuti uji hedonik adalah 35 orang dengan dua kali pengulangan.

 

Hasil uji hedonik warna produk mie dengan penambahan kupang putih menunjukkan bahwa 57,1% panelis menyatakan suka. Hasil uji hedonik aroma produk mie dengan penambahan kupang putih menunjukkan bahwa 44,3% panelis menyatakan suka. Hasil uji hedonik rasa produk mie dengan penambahan kupang putih menunjukkan bahwa 42,9% panelis menyatakan agak suka. Hasil uji hedonik tekstur produk mie dengan penambahan kupang putih menunjukkan bahwa adalah 55,7% panelis menyatakan suka.