Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Hedonik Meat Loaf dengan Penambahan Buah Salak Swaru (S. zalacca var. zalacca))

Nita Wijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti, Nita. 2017. Uji Hedonik Meat Loaf dengan Penambahan Buah Salak Swaru (S. Zalacca var zalacca). Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Mazarina Devi, M.Si., (II) Dr. Titi Mutiara Kiranawati, M.P.

 

Kata Kunci : Buah Salak Swaru Penambahan, Meat Loaf.

 

Produk meat loaf yang banyak beredar di pasaran berbahan baku daging sapi. Pada penelitian ini meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru. Pembuatan meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru adalah upaya peningkatan untuk menjadi salah satu variasi olahan produk baru yang disukai masyarakat baik dari segi rasa, warna maupun tekstur dengan memanfaatkan bahan pangan lokal dan menambah nilai jual salak Swaru tersebut. Panelis dalam penelitian ini adalah panelis agak terlatih yang berjumlah 70 orang (S1 Pendidikan Tata Boga 2014 dan S1 Pendidikan tata Boga 2015). . Uji kesukaan terhadap panelis dilakukan dengan cara memberi sampel produk meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru dan dilanjutkan mengisi angket uji kesukaan.

Formulasi yang tepat dalam pembuatan meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru adalah formulasi uji coba kedua dengan perbandingan 50% salak Swaru dengan 50% daging sapi. Hasil uji kesukaan sebanyak 37% panelis menyatakan suka rasa meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru karena memiliki rasa gurih, 34% panelis menyatakan biasa saja warna meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru karena kurang menarik, dan 44% panelis menyatakan suka tekstur meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru karena tekstur yang lunak.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu panelis menyukai warna, tekstur  dan rasa dari meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru. Adapun saran yang dapat disampaikan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan inovasi olahan dari salak Swaru. Manfaat penelitian ini dapat menjadikan referensi baru tentang bahan pangan lokal menjadi olahan makanan khususnya meat loaf dengan penambahan buah salak Swaru dapat dijadikan peluang usaha.