Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Hedonik Produk Mi Kering Dengan Penambahan Tepung Daun Alpukat

HARDIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardianto, 2017.  Uji Hedonik Produk Mi Kering Dengan Penambahan  Tepung

 

Daun Alpukat. Tugas Akhir, Program Studi D III Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Dra. Rina Rifqie Mariana, M.P. (II) Dra. Teti Setiawati, M.Pd

 

Kata Kunci : Daun Alpukat, Mi, Uji Hedonik

Alpukat (Persea americana mill) terkenal dengan buahnya yang memiliki daging tebal serta memiliki rasa yang gurih. Akan tetapi selain buahnya yang gurih juga memiliki daun yang bermanfaat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui formula mi yang ditambahkan tepung daun alpukat, mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, aroma, warna, tekstur, dan harga jual produk mi kering daun alpukat.

Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen. Eksperimen pembuatan tepung daun alpukat adalah pengukusan dan pengeringan. Hasil dari proses pengukusan dan pengeringan pada daun alpukat menghasilkan warna yang hijau cerah dan tekstur pada tepung lebih halus.

Uji coba  formula resep mi kering daun alpukat dilakukan sebanyak tiga kali. Hasil formula yang digunakan adalah formula ketiga dengan penambahan tepung  daun alpukat 9,4 gr, dan tepung terigu 100 gr dihasilkan mi daun alpukat dengan warna hijau cerah. Mi yang dihasilkan lebih elastis dibandingkan uji coba resep I dan II. Dari uji coba tersebut dipilihlah formula III karena memiliki hasil yang lebih bagus untuk diujikan kepada panelis. Setelah dilakukan uji hedonik (kesukaan) pada warna, rasa, aroma, dan tekstur, hasil yang diperoleh cukup suka. Tingkat kesukaan terhadap panelis menyatakan cukup suka pada rasa pada mi (81,43%), aroma (77,14%), warna (88,57%), tekstur (75,72%) dan harga jual mi daun alpukat adalah Rp1600/19,17 gr.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu formula resep mi kering daun alpukat yang digunakan adalah formula ketiga dengan penambahan 9,4% tepung daun alpukat. Panelis menyatakan cukup suka terhadap rasa, aroma, warna dan tekstur. Harga jual mi kering daun alpukat lebih mahal dibandingkan mi pada umumnya.

 

Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu untuk menghitung berapa gram daun alpukat yang dibutuhkan penderita diabet dan menurunkan tekanan darah tinggi