Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Organoleptik Kerupuk Ikan Wader

Muhammad Jawad

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan formulasi yang tepat pada pembuatan kerupuk ikan waderserta mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap warna, rasa dan tekstur kerupuk ikan wader.

Uji coba pembuatan kerupuk ikan waderdilakukan sebanyak 2 kali.Ujicobapertamamenggunakan225 gram tepungtapioka dan 125 gram ikan wader dengan hasiltekstur kurangpadat dan warna pucat.Uji coba kedua dilakukan dengan menggunakan 225 gram tepungtapioka dan 250 gram ikan wader. Formulasi yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan wader adalah formulasi kedua dengan penambahan 225 gram tepung tapioka dan 250 gram ikan wader. Formulasi ini menghasilkan kerupuk ikan wader yang memiliki rasa gurih, tekstur padat dan warnakecoklatan.

Metode perhitungan hasil uji organoleptik yaitu dengan menggunakan persentase. Jumlah panelis yang melakukan uji organoleptik yaitu sebanyak 35 panelis agak terlatih dengan 2 kali pengulangan.

 

Hasil uji organoleptik terhadap rasa kerupuk ikan wader yaitu sebanyak 52,9% panelis yang mengatakan suka. Hasil uji organoleptik terhadap warna kerupuk ikan wader yaitu sebanyak 52,9% panelis menyatakan suka. Hasil uji organoleptik terhadap tekstur kerupuk ikan wader yaitu sebanyak 62,9% panelis menyatakan suka.