Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Hedonik Sirup Daun Kumis Kucing (Orthosiphonis folium) dengan Penambahan Jumlah Jahe (Zingiber officinale) yang Berbeda.

Riske Ayu Wulandari

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Wulandari, Riske Ayu. 2017. Uji Hedonik Sirup Daun Kumis Kucing (Orthosiphonis folium) dengan Penambahan Jumlah Jahe (Zingiber officinale) yang Berbeda. Tugas Akhir. Program Studi D3 Tata Boga. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dra. Titi Mutiara Kiranawati, M.P (2) Dra. Teti Setiawati, M.Pd

 

Kata Kunci: Sirup, Daun Kumis Kucing, Jahe, Uji Hedonik

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pembuatan sirup daun kumis kucing dengan penambahan jumlah jahe yang berbeda, merupakan sirup dengan bahan baku gula menggunakan bahan lain yaitu daun kumis kucing yang selanjutnya diberi penambahan jahe, sehingga dinamakan dengan sirup orthozing (orthosiphonis dan zingiber). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan formula sirup orthozing, untuk mengetahui tingkat kesukaan terhadap rasa, warna dan aroma sirup orthozing dan mengetahui harga jual sirup orthozing. Panelis yang digunakan adalah panelis agak terlatih dengan jumlah panelis 70 orang. Analisis data berupa analisis deskriptif  dengan beberapa kali uji coba untuk mengetahui formula resep sirup orthozing, untuk mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, warna dan aroma sirup orthozing menggunakan persentil sedangkan untuk  mengetahui harga jual dengan menggunakan rumus perhitungan harga jual. 

Uji coba formula resep sirup orthozing dilakukan sebanyak tiga kali dengan penambahan jahe 50 gr, 100 gr dan 150 gr. Hasil formula pembuatan sirup orthozing yang optimal adalah formula II dengan penambahan jahe 100 gr. Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa a) total asumsi yang menyukai rasa sirup orthozing adalah 88,6%, sedangkan b) total asumsi yang menyukai warna sirup  orthozing adalah 75,8% dan c) total asumsi yang menyukai aroma sirup orthozing adalah 80%. Hasil perhitungan harga jual sirup orthozing adalah Rp18.000/100 ml untuk setiap botolnya.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu  formula yang digunakan untuk membuat sirup orthozing adalah formula II dengan penambahan jahe 100 gr, uji hedonik dari penelitian ini yaitu a) tingkat kesukaan responden terhadap rasa sirup orthozing adalah sebagian besar responden menyukai rasa sirup orthozing, sedangkan b) tingkat kesukaan responden terhadap warna sirup orthozing adalah sebagian besar responden menyukai warna sirup orthozing dan c) tingkat kesukaan responden terhadap aroma sirup orthozing adalah sebagian besar responden menyukai aroma sirup orthozing. Harga sirup orthozing dinilai lebih mahal dibandingkan sirup pada umumnya (sirup buah). Hal ini disebabkan harga daun kumis kucing dan kemasan botol yang mahal. Saran dalam penelitian ini adalah sari daun kumis kucing yang akan digunakan untuk membuat sirup orthozing sebaiknya segera dipakai, karena jika dibiarkan di ruang terbuka terlalu lama sari daun kumis kucing akan berubah warna menjadi hitam sehingga menghasilkan sirup dengan warna lebih gelap dan keruh.