Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dawet dengan Penambahan Sari Kunyit

David Bachtiar Febriansyah

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Kunyit merupakan bumbu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai obat maupun perwarna makanan. Pemberian sari kunyit pada dawet dikarenakan dapat memperbaiki penampilan dan memberi fungsi kesehatan pada dawet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesukaan panelis terhadap dawet dengan penambahan sari kunyit.

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Ada dua tahap dalam penelitian ini yaitu, tahap pertama : pembuatan sari kunyit dan uji coba resep. Tahap kedua adalah uji hedonik. Uji hedonik dilakukan terhadap rasa, aroma, dan warna dawetdengan penambahan sari kunyit. Pengumpulan data dilakukan kepada 30 orang panelis yang terdiri dari mahasiswa D3 Tata Boga 2013-2014 dan mahasiswa D3 Tata Boga 2014-2015. Data yang terkumpul di analisis menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukan formulasi dawet dengan penambahan sari kunyit yang disukai penelis adalah formula kedua yang terdiri dari 150 gr tepung beras, 45 gr air, 2 gr garam, 5 gr air kapur sirih dan 25 gr sari kunyit. Panelis yang menyukai rasa dawet instant dengan penambahan sari kunyit sebanyak 53,3%, Panelis yang menyukai warna dawet dengan penambahan sari kunyit sebanyak 46,6%, Panelis yang menyukai aroma dawet dengan penambahan sari kunyit sebanyak 46,6%.

Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah peneli masih sedikit yang menyatakan suka pada aroma dan warna dawet dengan penambahan sari kunyit. saran yang dapat di kemukakan adalah penelitian lebih lanjut untuk memperbaiki aroma dan warna dawet instant dengan penambahan sari kunyit.