Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengolahan Buah Salak Jawa (Salacca Zalacca(Gaert.) Voss) sebagai Bahan Dasar Pembuatan Nata de Salak

Rio Vikian Cahya

Abstrak


Buah Salak Jawa (salacca zalacca (Gaert.) Voss), buah yang populer dimasyarakat Indonesia dan cukup banyak pula varietasnya. Buah salak sangat berpotensi untuk dijadikan makanan fungsional. Salah satu upaya untuk mengembangkan pemanfaatan buah salak jawa adalah sebagai bahan dasar pembuatan nata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi Nata de Salak yang tepat, tingkat kesukaan (warna, rasa, tekstur dan kenampakan (trasparansi), dan mengetahui  harga jual Nata de Salak.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen pembuatan nata de salak dengan menggunakan buah salak sebagai bahan utama. Tahap yang dilakukan dalam menciptakan produk ada beberapa tahap. Diagram alir studi pendahuluan, uji coba dan uji kesukaan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data hasil uji kesukaan dianalisis menggunakan rumus perhitungan persentase.

Hasil uji coba lama fermentasi menunjukkan bahwa uji coba resep Nata de Salak yang digunakan sari buah salak sebanyak 1000 ml dengan lama fermentasi 14hari.Tingkat kesukaan  panelis terhadap warna Nata de Salak yaitu disukai.Tingkat kesukaan  panelis terhadap rasa Nata de Salak yaitu disukai.Tingkat kesukaan  panelis terhadap tekstur Nata de Salak pada yaitu disukai.Tingkat kesukaan  panelis terhadap Nata de Salak pada kenampakan (transparansi) yaitu disukai. Harga jual Nata de Salak sedikit lebih murah dibandingkan dengan Nata de Coco.