Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Hedonik Sus Kering Substitusi Tpung Daun Kumis Kucing (Orthosiphonis folium)

ELY SAFITRI

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Safitri, Ely. 2016. Uji Hedonik Sus Kering Substitusi Tepung Daun Kumis Kucing (Orthosiphonis folium). Tugas Akhir. Program Studi D3 Tata Boga. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Rina Rifqie Mariana M.P (2) Dra. Teti Setiawati, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kumis kucing, Sus kering, Uji hedonik, Harga jual

Tanaman kumis kucing merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Bagian tanaman kumis kucing yang dimanfaatkan adalah daunnya dengan diproses menjadi tepung. Hasil dari proses penepungan daun kumis kucing diaplikasikan pada pembuatan sus kering dengan sistem substitusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh formula yang disukai dalam pembuatan sus kering substitusi tepung daun kumis kucing, dan mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, warna, aroma, tekstur serta mengetahui harga jual.

Uji yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji hedonik rasa, warna, aroma dan tekstur. Panelis dalam penelitian ini adalah mahasiswa D3 Tata Boga Angkatan 2013 dan 2014. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan formula yang disukai dalam pembuatan sus kering substitusi tepung daun kumis kucing adalah formula resep yang ketiga dengan substitusi tepung daun kumis kucing sebanyak 10%. Hasil uji hedonik terhadap rasa menunjukkan sebanyak 31,42% panelis menyatakan agak suka, sebanyak 40% panelis menyatakan suka terhadap warna, sebanyak 31,42% panelis menyatakan suka terhadap aroma, dan 34,28% panelis menyatakan suka terhadap tekstur sus kering substitusi tepung daun kumis kucing. Harga jual sus kering substitusi tepung daun kumis kucing Rp 21.000/kemasan.

Saran bagi peneliti selanjutnya adalah pemakaian tepung daun kumis kucing perlu diayak agar tepung tidak menggumpal dan penyimpanan harus kedap udara agar tidak berjamur, perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui masa simpan tepung daun kumis kucing, bagi lembaga yaitu menambah referensi sus kering berbahan tanaman herbal, bagi masyarakat adalah produk sus kering substitusi tepung daun kumis kucing dapat dijadikan varian baru yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan budidaya tanaman kumis kucing dilakukan oleh masyarakat sehingga harga jual dapat lebih murah.