Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloevera) Pada Pembuatan Marmalade

Rizky Hana Irawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan, Rizky Hana. 2016. Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloevera) Pada Pembuatan Marmalade. Tugas Akhir, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd. (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S. Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Marmalade , Lidah Buaya, Uji Hedonik

Marmalade merupakan produk yang menyerupai selai dibuat dari sari buah dengan gula. Sama seperti halnya selai, campuran daging buah, gula dan pektin ini dikentalkan hingga membentuk struktur gel, dengan standar yang sama. Lidah buaya yang sangat bermanfaat adalah daging daun yang memiliki lendir atau gel, dengan adanya kandungan gel lidah buaya dapat diolah sebagai bahan marmalade. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formula pada pembuatan marmalade lidah buaya, dan mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, warna, serta konsistensi pada marmalade lidah buaya.

Uji coba formulasi resep dilakukan sebanyak 2 kali. Formula I menghasilkan marmalade lidah buaya dengan warna agak coklat dan sedikit keruh, konsistensi terlalu kental, dan rasa  terlalu manis. Formulasi II, dengan mengurangi gula pasir dari 500 gr menjadi 400 gr, hasil yang didapatkan yaitu marmalade lidah buaya  dengan warna coklat muda, konsistensi menjadi semi liquid dan rasa manis. Berdasarkan hasil uji coba formulasi marmalade lidah buaya, formula ke II dipilih sebagai formulasi yang digunakan untuk uji hedonik. Panelis yang digunakan terdiri dari 35 panelis dengan dua kali pengulangan. Uji hedonik terhadap Marmalade Lidah Buaya  dilakukan dengan cara memberi sampel produk dan dilanjutkan mengisi angket uji kesukaan.

 Hasil yang diperoleh dari uji hedonik yang dilakukan adalah sebanyak 72,86% panelis menyatakan suka terhadap warna marmalade lidah buaya. Sebanyak 68,57% panelis menyatakan suka terhadap rasa marmalade lidah buaya. Sebanyak 67,14% panelis menyatakan suka terhadap konsistensi marmalade lidah buaya.