Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembuatan Bakpao Dengan Penambahan Tepung Temu Mangga(curcuma mangga Val.)

Fegar Bayu Febriansah

Abstrak


Temu mangga memiliki khasiat diantaranya dapat membersihkan racun, menurunkan panas, dan menambah nafsu makan, adanya kandungan tersebut maka temu mangga di tambahkan pada prodak bakpao berupa tepung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap warna, rasa, dan tekstur.

          Uji coba formulasi resep dilakukan sebanyak tiga kali.Formula I menghasilkan bakpao dengan warna kuning, tekstur padat, dan rasa  khas dari temu mangga terlalu terasa. Evaluasi dari uji coba formula I adalah mengurangi tepung temu mangga dari 12,5 gram menjadi 10 gram pada uji coba formula II.Formula II meghasilkan bakpao dengan warna kuning, tekstur agak bantat dan rasa manis dengan rasa khas temu mangga lebih menonjol. Evaluasi dari uji coba ke II adalah mengurangi tepung temu manga10gram menjadi 7,5 gram pada uji coba formula III. Formula III menghasilkan bakpao dengan warna kuning, tekstur lembut dan rasa manis serta agak terasa khas dari temu mangga. Berdasarkan hasil uji coba formulasi bakpao temu mangga, formula ke III dipilih sebagai formulasi yang digunakan untuk uji hedonik Panelis terdiri 35 panelis dengan dua kali pengulangan. Uji hedoniktehadapbakpao temu mangga dilakukan dengan cara memberi sampel produk dan dilanjutkan mengisi angket uji kesukaan.

Hasil uji kesukaan menunjukkan bahwa 44,3% panelis menyatakan suka pada warnabakpao temu mangga,  57,2% panelis menyatakan agak suka terhadap rasa dan 45,8% panelis menyatakan suka terhadap tekstur bakpao temu mangga.