Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sifat Organoleptik Permen Jelly Dengan Menggunakan Jenis apel (Mallus Sylvestri,Mill) Lokal Yang Berbeda

Riya Purnamasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnamasari, Riya. 2011. Sifat Organoleptik Permen Jelly Dengan Menggunakan Jenis Apel (Mallus Sylvestri, Mill) Lokal Yang Berbeda. Tugas Akhir. Program Studi Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ir. Ummi Rohajatien, M. P. (2) Dra. Nunung Nurjanah, M. Kes.

 

Kata Kunci: Permen Jelly, buah apel

Permen jelly merupakan makanan ringan yang dibuat dari air atau sari buah dan bahan pembentukan gel yang berpenampilan jernih transparan serta mempunyai tekstur dengan kekenyalan tertentu. Pada umumnya permen jelly menggunakan media pelarut air biasa, sedangkan penggunaan sari buah belum terlalu umum. Penambahan sari buah dapat menambah cita rasa, memperbaiki warna, menambah nilai gizi. Pemanfaatan sari buah ini juga dapat meningkatkan nilai tambah apel subgrade.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pembuatan permen jelly apel menggunakan 3jenis apel yang berbeda yaitu apel manalagi, apel anna, apel rome beauty. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat organoleptik permen jelly apel yang meliputi rasa, aroma, tekstur, dan warna melalui uji perbedaan pasangan dan uji hedonik. Pengumpulan data menggunakan 30 panelis agak terlatih. Analisis data yang terdiri dari penelitian ini adalah analisis sidik ragam dilanjutkan dengan uji Duncan's Multiple Range Test (DMRT) untuk uji pembedaan pasangan serta presentase untuk uji hedonik.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rasa permen jelly apel yang dihasilkan dari perlakuan permen jelly apel manalagi (5,26) yang artinya tidak berbeda/sama dari kontrol, permen jelly apel anna (6,20) dan rome beauty (6,54) artinya cukup lebih baik dari kontrol. Perbedaan aroma permen jelly apel yang dihasilkan dari perlakuan permen jelly apel manalagi (6,33) artinya cukup berbeda lebih baik dari kontrol, permen jelly apel anna (5,88) artinya berbeda sedikit lebih baik dari kontrol dan perlakuan permen jelly rome beauty (5,21) tidak berbeda/sama dari kontrol. Perbedaan tekstur permen jelly apel yang dihasilkan dari perlakuan permen jelly apel manalagi (5,40 apel anna (5,87) artinya berbeda sedikit lebih baik dari kontrol, perlakuan permen jelly apel rome beauty (6,32) artinya cukup berbeda lebih baik dari kontrol. Perbedaan warna permen jelly apel yang dihasilkan dari perlakuan permen jelly apel manalagi (5,59) artinya berbeda sedikit lebih baik dari kontrol, permen jelly apel anna(6,47) dan rome beauty (6,21) artinya cukup berbeda lebih baik dari kontrol. Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa permen jelly apel manalagi paling disukai oleh panelis dengan persentase rasa (84,44%), aroma (86,67%), tekstur (86,67%) dan warna (83,33%).

Kesimpulan penelitian permen jelly apel adalah terdapat perbedaan rasa, aroma, tekstur, dan warna permen jelly dari masing-masing perlakuan. Permen jelly apel manalagi lebih disukai oleh panelis dalam hal rasa, aroma, dan warna, sedangkan permen jelly apel rome beauty lebih disukai dalam hal tekstur. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan penelitian tentang analisis finansial permen jelly untuk di pasarkan secara luas.