Tugas Akhir Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Organoleptik Nugget Udang dengan Bahan Perekat Pati Umbi Ganyong dalam jumlah yang Berbeda

Reny Puspita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Reny. 2011. Uji Organoleptik Nugget Udang dengan Bahan Perekat  Pati Umbi Ganyong dalam jumlah yang Berbeda. Tugas Akhir. Program Studi Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Teti Setiawati, M.Pd. (2) Ir. Ummi Rohajatien,

M.P.

 

Kata Kunci: Nugget, udang, pati umbi ganyong

Penelitian ini adalah penelitian exsperimen yaitu membuat nugget udang dengan menggunakan bahan perekat pati umbi ganyong dengan jumlah persentase yang berbeda. Penggunaan bahan perekat pati umbi ganyong bertujuan untuk mengetahui sifat organoleptik dan tingkat kesukaan yang meliputi tekstur, flavour, dan warna nugget udang tersebut. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Sidik Ragam, apabila ada perbedaan nyata, dilanjutkan uji Duncan’s Multiple Range Test.   

Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada taraf 1% terhadap flavour nugget tetapi memberikan perbedaan yang signifikan pada taraf 1% terhadap tekstur dan warna nugget udang dengan perlakuan penggunaan pati umbi ganyong sebagai bahan perekat sebanyak 5%, 10%, dan 15%. Hasil uji mutu hedonik nugget udang dengan menggunakan bahan perekat pati umbi ganyong sebanyak 15% menghasilkan nugget udang yang kenyal, sedangkan nugget udang dengan menggunakan bahan perekat pati umbi ganyong sebanyak 5% menghasilkan nugget udang dengan warna yang cerah.

Hasil uji hedonik nugget udang dengan menggunakan pati umbi ganyong sebagai bahan perekat menunjukkan semakin banyak penggunaan pati umbi ganyong sebagai bahan perekat maka panelis semakin menyukai tekstur nugget udang dan semakin sedikit jumlah pati umbi ganyong yang digunakan pada pembuatan nugget udang makan panelis semakin menyukai warna nugget udang.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pati ganyong sebagai bahan perekat dalam pembuatan nugget udang akan menghasilkan sifat organoleptik yang berbeda secara signifikan. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu perlu diteliti mengenai masa simpan nugget udang serta produk inovasi dari umbi ganyong.