Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Kapasitas Tempat Parkir Kendaraan Roda Empat di Kampus Universitas Negeri Malang (UM)

Diyan Trisno Susilo

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilo, Diyan, Trisno. 2010. Evaluasi Kapasitas Tempat Parkir Kendaraan Roda Empat di Kampus Universitas Negeri Malang (UM). Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T., M.T., (II) Pranoto, S.T., M.T.

 

Kata kunci: kapasitas parkir, kendaraan roda empat.

Adanya peningkatan jumlah mahasiswa baru maka jumlah mahasiswa yang membawa kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat juga akan ikut bertambah. Dengan adanya hal tersebut maka permintaan akan tempat parkir kendaraan roda empat juga akan ikut meningkat. Selain dipengaruhi oleh penambahan jumlah mahasiswa permintaan tempat parkir di kampus Universitas Negeri Malang (UM) juga dipengaruhi oleh bertambahnya kepemilikan kendaraan roda empat bagi dosen dan karyawan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan kapasitas tempat parkir kendaraan roda empat yang tersedia di kampus UM saat ini terhadap nilai akumulasi maksimum kendaraan roda empat yang masuk ke kampus UM, mengetahui karakteristik parkir, dan mengetahui karakteristik pengguna parkir. Karaktersitik parkir yang diteliti meliputi volume parkir, akumulasi parkir, durasi parkir, parking turnover, dan indeks parkir.

Pengambilan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan mencatat plat nomor kendaraan roda empat yang masuk kampus UM, yang masuk area off street parking yang ada di kampus UM, yang keluar dari kampus UM, yang keluar dari area off street parking yang ada di UM, dan menyebarkan kuesioner bagi para pengguna area off street parking yang ada di kampus UM. Lama penelitian adalah tiga hari yaitu hari Senin, Selasa, dan Kamis pada tanggal 4, 5, dan 7 Oktober 2010 mulai pukul 06.00–16.00 WIB.

Berdasarkan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa jumlah total kapasitas tempat parkir yang tersedia di kampus UM saat ini adalah 403 Satuan Ruang Parkir (SRP). Akumulasi maksimum pada lokasi kampus UM (4 pintu gerbang) terjadi pada hari Kamis sebanyak 407 kendaraan. Akumulasi maksimum pada tempat parkir sebelah Barat LEPPA terjadi pada hari Senin, 04 Oktober 2010  sebesar 24 kendaraan dengan indeks parkir sebesar 141,18%. Untuk parking turnover rata-rata sebesar 2,35 kendaraan/petak parkir.

Karakteristik pengguna parkir didapatkan bahwa berdasarkan asal perjalanan paling banyak berasal dari rumah sebesar 89,61% dan jarak dari tempat tinggal < 2 km sebesar 6,49%, 2-4 km sebesar 22,73%, 5-7 km sebesar 30,52%, 8-10 km sebesar 19,48%, dan > 10 km sebesar 18,83%. Berdasarkan jumlah penumpang paling banyak berkendara sendiri sebesar 54,55% dan berdasarkan pekerjaan paling banyak berprofesi sebagai dosen sebesar 49,35% maksud perjalanan 41,56% mengajar.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disarankan: (1) bagi pengelola parkir UM harus segera melakukan manajemen perparkiran, (2) agar dilakukan pengkajian ulang mengenai penerapan tarif parkir untuk kendaraan roda empat, dan (3) agar dilakukan penelitian lanjutan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan parkir pada masa yang akan datang.