Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan PBL(Project Based Learning ) Pada Mata Pelajaran Kontruksi Bangunan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro

Nixen Novian Mangku Raharjo

Abstrak


ABSTRAK

 

Novian, Nixen M.R. 2015. Penerapan PBL(Project Based Learning ) Pada Mata Pelajaran Kontruksi Bangunan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M.Ed., M.Pd. (II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T

 

 Kata Kunci: Project Based Learning, hasil belajar.

 

Dari pembelajaran  mata pelajaran kontruksi bangunan di Smk Negeri 2 Bojonegoro ditemukan beberapa fakta, antara lain: (1) Siswa terlihat bermalas-malasan, (2) Siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, (3) Siswa kurang memperhatikan guru, dan (4) Nilai yang dicapai siswa masih rendah (5) Banyak siswa yang membolos. Penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dapat menyebabkan hasil belajar yang rendah. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran project based learning yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan keaktifan siswa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning, dan (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tugas pada setiap  siklus.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning dapat meningkatkan  aktivitas kegiatan belajar siswa pada siklus I dan siklus II; dan (2) Model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kontruksi Bangunan . Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75% dan  pada siklus II mencapai 93,75%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar yang terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu mencapai 25%.

Penelitian ini disarankan kepada: (1) guru, dapat menggunakan metode pembelajaran project based learning sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Bagi siswa, hendaknya lebih banyak berlatih untuk mengkontruksi pengetahuannya secara mandiri dan harus lebih aktif  lagi dalam proses pembelajaran, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya, dapat membandingkan, menggabungkan dan mengembangkan model pembelajaran project based learning ini dengan model pembelajaran lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.