Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh penambahan limbah plastik poly propilena (PP) cara basah pada beton aspal Hotmix terhadap parameter Marshall

Muhammad yulian faishal

Abstrak


ABSTRAK

 

Faishal, M Yulian. 2014. Pengaruh Penambahan Limbah Plastik Poly Propilene (PP) Cara Basah  Pada Beton Aspal Hotmix Terhadap Parameter Marshall. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Boedi Rahardjo, M.Pd, M.T, (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata kunci : Limbah, Plastik PP, Beton Aspal, Parameter Marshall

Limbah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Salah satunya adalah limbah plastik gelas kemasan air mineral yang berjenis Poly Propilene (PP). Plastik memiliki sifat yang sama dengan aspal yaitu bersifat termoplastik, dimana akan mencair jika dipanaskan dan padat jika didinginkan. Aspal merupakan bahan penyusun campuran aspal beton yang mengikat agregat. Penambahan limbah plastik PP dengan cara basah diharapkan dapat menghasilkan campuran beton aspal yang lebih kuat dengan tinjauan parameter Marshall.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Sifat dan karakteristik bahan penyusun beton aspal hotmix, (2)  Sifat dan karakteristik campuran beton aspal tanpa bahan tambah limbah plastik Poly Propilene, dan (3) Pengaruh penambahan limbah plastik Poly Propilene  cara basah pada campuran beton aspal hotmix.

Pengujian menggunakan Marshall test dengan tiap benda uji sesuai dengan penambahan kadar limbah plastik Poly Propilene pada KAO, mengetahui nilai parameter Marshall dengan penambahan limbah plastik dan tanpa penambahan limbah plastik Poly Propilene

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengujian sifat dan karakteristik bahan penyusun beton aspal memenuhi syarat untuk digunakan campuran beton aspal, (2) sifat dan karakteristik campuran beton aspal sebelum  penambahan limbah plastik Poly Propilene didapatkan nilai KAO 5,75%, (3) pengaruh penambahan limbah plastik Poly Propilene  menghasilkan nilai parameter Marshall yang lebih baik.