Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERENCANAAN SISTEM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN PADA AREA PARKIR DAN LINGKUNGAN HOTEL OJ DI JL. DR. CIPTO NO. 11 KOTA MALANG

Bestananda Filartana

Abstrak


ABSTRAK

 

Filartana, Bestananda. 2013. Perencanaan Sistem Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran pada Area Parkir dan Lingkungan Hotel OJ di Jl. DR. Cipto No. 11 Kota Malang. Proyek Akhir, Progam Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing, Ir. Dian Ariestadi, M.T.

 

Kata kunci : perencanaan, sistem, pencegahan, penanggulangan, kebakaran

 

Sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran merupakan suatu kombinasi dari berbagai sistem untuk mencegah dan mengurangi dampak yang diakibatkan oleh kebakaran. Perencanaan sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang sesuai dengan standar atau peraturan yang telah ditetapkan. Manfaat dari perencanaan sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini diharapkan dimanfaatkan dalam pengajaran dalam bidang Teknik Sipil serta sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan tentang sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini meliputi sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran pasif yang meliputi: (1) lapis perkerasan (hard standing) dan akses masuk (acces way), (2) akses petugas pemadam kebakaran, (3) pintu keluar/pintu kebakaran, (4) jalan keluar/akses evakuasi, (5) tangga darurat/tangga kebakaran, dan (6) pengendali asap. Dan sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran aktif yang meliputi: (1) sistem pipa tegak dan hidran, (2) sistem sprinkler otomatis, (3) pompa pemadam kebakaran, (4) sistem deteksi dan alarm kebakaran. Observasi sistem ini dilakukan pada proyek pembangunan Hotel OJ Malang khususnya tempat parkir. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan pengolahan data dengan cara menganalisa hasil temuan di lapangan yang kemudian dibandingkan dengan hasil perencanaan berdasarkan SNI dan Peraturan Menteri dan selanjutnya dideskripsikan.

Dari hasil studi ini dapat disimpulkan perencanaan sistem proteksi kebakaran di area parkir dan lingkungan Hotel OJ berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Peraturan Menteri, baik sistem proteksi kebakaran pasif maupun sistem proteksi kebakaran aktif sudah banyak yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Peraturan Menteri. Berdasarkan studi ini disarankan perencanaan sistem pemadam kebakaran harus menyesuaikan dengan aturan yang berlaku seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) dan Peraturan Menteri. Sistem proteksi kebakaran pasif harus sesuai dengan SNI 03-1735-2000, SNI 03-1736-2000, SNI 03-1746-2000, SNI 03-6571-2001, SNI 03-6574-2001, dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 26/PRT/M/2008. Sistem proteksi kebakaran aktif harus sesuai dengan SNI 03-1745-2000, SNI 03-3985-2000, SNI 03-3989-2000, SNI 03-6570-2001, dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 26/PRT/M/2008. Sehingga tidak terjadi kesalahan dalam perencanaan dan didapatkan kualitas yang baik.