Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEK SIFAT POZZZOLAN ABU VULKANIK GUNUNG MERAPI PADA MORTAR UNTUK PEKERJAAN SIPIL

galih dian wahyudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dian Wahyudi,Galih. 2012. Efek Sifat Pozzolan Abu Vulkanik Gunung Merapi Pada Mortar Untuk Pekerjaan sipil. Proyek Akhir, Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Wahyo Hendarto Yoh, M.T.

 

Kata kunci : Pozzolan,Efek sifat,Mortar

Pozzzolan merupakan senyawa yang memiliki kandungan silikaPozzolan adalah bahan yang mengandung senyawa silika atau silika alumunia yang tidak mempunyai sifat mengikat seperti semen akan tetapi dalam bentuknya yang halus dan tercampurnya dengan air, maka senyawa-senyawa tersebut akan bereaksi dengan Kalsium Hidroksida (kapur) pada suhu normal membentuk senyawa Kalsium Silikat Hidrat yang bersifat sebagai perekat sehingga dapat meningkatkan kekuatan serta kekedapan beton.

Pengujian bahan ini adalah untuk mengetahui kualitas kuat tekan mortar dan tingkat efisiensi biaya yang menggunakan campuran abu vulkanik dan tidak menggunakan campuran abu vulkanik gunung Merapi.Pengujian kuat tekan disini sesuai dengan standart yang berlaku yaitu berdasarkan SNI 03-6825-2002.

Pengujain dilaksanakan setelah umur mortar mencapai 28 hari.di dalam pngujian bahan ini menggunakan 50 buah mortar yaitu terdiri dari 40 buah sampel perlakuan dan masing masing memiliki komposisi campuran Komposisi 1(  Pc : Pasir = 0,90 : 2,75 ) + 10 % abu vulkanik,Komposisi 2 terdiri ( Pc : Pasir = 0,80 : 2,75 ) + 20 % abu vulkanik,Komposisi 3 terdiri ( Pc : Pasir = 0,70 : 2,75 ) + 30 % abu vulkanik dan Komposisi 4 terdiri ( Pc : Pasir = 0,60 : 2,75 ) + 40 % abu vulkanik.keempat sampel perlakuan tersebut dibuat masing masing 10 buah yang akan di bandingkan dengan 10 buah sampel kontrol yang memiliki komposisi( Pc : Pasir = 1 : 2,75 ).

Berdasarkan pengujian bahan yang telah dilakukan di Laboratorium uji bahan D3 teknik sipil dan bangunan Universitas Negeri Malang di dapatkan hasil yaitu kuat tekan mortar yang sangat baik di dapatkan pada komposisi, yaitu komposisi campuran Pc : Ps (0,90 : 2,75 ) + 10 % abu vulkanik gunung Merapi.Mempunyai kuat tekan sebasar 32,68 kg/cm² di bandingkan dengan mortar yang lain yang berkisar jauh di bawah 32,68 kg/cm², Terendah mempunyai kuat tekan 8,48 kg/cm² dengan komposisi campuran Pc : Ps ( 0,60 : 2,75 ) + 40% abu vulkanik gunung Merapi.

Komposisi yang tepat yaitu substitusi 10% terhadap Semen.mendapatkan Kuat tekan yang paling tinggi yaitu sebesar  32,68 kg/cm². Disamping itu juga tingkat efisiensi juga terjadi,Penggunaan Campuran Abu vulkanik sebesar 10% juga menghemat efisiensi biaya untuk pembuatan mortar sebesar 10%.