Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pola Asuh, Kondisi Tempat Tinggal dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Putri Sifa

Abstrak


ABSTRAK

 

Sifa,  Putri.  2011.  Pengaruh  Pola  Asuh,  Kondisi  Tempat  Tinggal  dan Motivasi Belajar  Terhadap  Prestasi  Belajar  Mahasiswa  S1  Pendidikan  Teknik Bangunan  (PTB)  Fakultas  Teknik  Universitas  Negeri Malang  .  Skripsi. Jurusan  Sipil,  Program  Studi  Pendidikan  Teknik  Bangunan,  Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S. T., M. Pd. (II) Drs. Eko Setyawan, S. T., M. T.

 

Kata kunci: pola asuh orang tua, kondisi tempat tinggal, motivasi belajar, prestasi belajar.

Peningkatan  kualitas  sumber  daya manusia merupakan  prasyarat mutlak untuk  mencapai  tujuan  pembangunan  modernsasi  saat  ini.  Salah  satu  wahana untuk meningkatkan  kualitas  sumber  daya manusia  tersebut  adalah  pendidikan. Parameter  yang  digunakan  untuk  mengukur  tingkat  keberhasilan  pendidikan adalah  prestasi  belajar.  Prestasi  belajar  yang  dicapai  dapat  dipengaruhi  oleh beberapa  fktor,  baik  yang  berasal  dari  diri  (faktor  internal)  maupun  dari  luar (faktor  eksternal).  Faktor  internal  diantaranya  adalah  minat,  bakat,  motivasi, tingkat  intelegensi. Sedangkan  faktor eksternal diantaranya adalah  faktor metode pembelajaran, pola asuh orang tua dan kondisi lingkungan.

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  pengaruh  pola  asuh, kondisi  tempat  tinggal  dan motivasi  belajar  terhadap  prestasi  belajar mahasiswa S1 pendidikan teknik bangunan  fakultas teknik universitas negeri malang.  Penelitian  ini merupakan  jenis  penelitian  kuantitatif  inferensial.  Populasi penelitian  ini  adalah  mahasiswa  S1  Jurusan  Sipil  Fakultas  Teknik  UM  antara angkatan 2005 - 2010 yang terdaftar pada ajaran 2010/ 2011 dengan   jumlah 646 mahasiswa.  Sedangkan  sampel  yang  digunakan  adalah  mahasiswa  S1  Jurusan Sipil Fakultas Teknik UM, dengan  jumlah 45  responden. Teknik  sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan jalur analisi (path analysis)

Hasil penelitian pada Tabel Coefficient menunjukkan bahwa (1) pola asuh orang  tua  baik  langsung  maupun  tidak  langsung  tidak  berpengaruh  secara signifikan  terhadap prestasi belajar,  (2) kondisi  tempat  tinggal  tidak berpengaruh secara  signifikan  terhadap  prestasi  belajar,  namun  ada  kontribusi  langsung terhadap  motivasi  belajar,  dan  (3)  motivasi  belajar  tidak  berpengaruh  secara signifikan terhadap prestasi belajar baik langsung maupun tidak langsung.