Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DENGAN PRESTASI PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ahmad Fajar Hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, F. 2011. Hubungan Minat Menjadi Guru dengan Prestasi Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Drs. Mujiyono, M. Pd., (II) Pribadi, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: minat menjadi guru, prestasi.

Minat sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan suatu pekerjaan, karena dapat memotivasi individu untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Karena itulah, individu akan merasa bahagia dan berhasil dalam pekerjaannya jika minatnya sesuai dengan pekerjaannya. Individu tidak perlu mendapatkan dorongan dari luar apabila pekerjaan yang dilakukannya cukup menarik minat. Demikian juga calon guru akan bekerja dengan sungguh-sungguh jika memang berminat untuk menjadi seorang guru

Jenis penelitian  ini adalah korelasional. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana minat mahasiswa jurusan teknik sipil  Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk menjadi guru dan pengaruhnya terhadap prestasi PPL. Penelitian dilaksanakan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UM yang sudah memprogram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2 (dua) tahun terakhir (tahun 2008 dan 2009). Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang telah di validitas dan reabilitas. Data tentang minat menjadi guru dijaring dengan menggunakan angket sedangkan data tentang prestasi praktek pengalaman lapangan diambil dari nilai akhir PPL.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang untuk menjadi guru cukup tinggi. Hasil analisis menyatakan 56,70% (34) dari 60 mahasiswa yang diteliti memiliki minat yang cukup tinggi untuk menjadi guru. Kedua, Dari 60 mahasiswa yang diteliti rata-rata memiliki tingkat penguasaan PPL antara 84% sampai 90% atau memiliki nilai pada rentangan 3,70 sampai 3,99 (A-). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi praktik pengalaman lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang memiliki predikat memuaskan.Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (minat menjadi guru) dengan variabel terikat (prestasi PPL). Hal ini dinyatakan dengan  nilai R hitung sebesar  0,762 yang mendekati angka 1.