Tugas Akhir Jurusan Teknik Bangunan - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Program Aplikasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) untuk Perencanaan Balok dan Kolom pada Portal

Hertian Panji Asmara

Abstrak


ABSTRAK

 

Asmara, Hertian Panji. 2010. Program Aplikasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) untuk Perencanaan Balok dan Kolom pada Portal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Boedya Djatmika, S.T., M.T., (II) Drs. Eko Setyawan, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Program Aplikasi, Graphical User Interface, Perencanaan Balok dan Kolom, Portal

Perhitungan kebutuhan tulangan balok dan kolom merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, oleh karena itu perhitungannya memerlukan ketelitian dan ketepatan. Perhitungan kebutuhan tulangan balok dan kolom dapat dibuat dalam bentuk program aplikasi komputer, di mana  program tersebut mempunyai kelebihan lebih cepat dalam menyelesaikan perhitungan. Dalam skripsi ini, program aplikasi yang dapat menghitung kebutuhan tulangan balok dan kolom diberi nama “P Beam and Column”.

Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui kualitas hasil program “P Beam and Column” untuk perhitungan kebutuhan tulangan balok dan kolom pada portal.

Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah model pengembangan yang menggunakan model prosedural bersifat deskriptif. Alur dalam membuat skripsi ini dimulai dengan: (1) Studi literatur, (2) Pembuatan program, (3) Verifikasi program, dan diakhiri dengan (4) Aplikasi program.

Berdasarkan hasil pengembangan, diperoleh: (1) Pada verifikasi program, hasil perhitungan P Beam and Column dibandingkan dengan hasil perhitungan manual. Hasil verifikasi program menunjukkan bahwa selisih output perhitungan P Beam and Column terhadap hasil perhitungan manual rata-rata sebesar 0,0%,  (2) Program “P Beam and Column” dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan tulangan lentur tunggal  pada balok dan kebutuhan tulangan geser pada balok, serta dapat digunakan untuk membuat diagram interaksi kolom segi empat.

Beberapa saran yang dianjurkan untuk pengembangan ini adalah: (1) Program yang dihasilkan perlu dikembangkan lagi agar dapat dijalankan dengan baik dalam sistim operasi Windows Vista dan Windows Seven, (2) Program perhitungan yang terdapat di dalam program perlu dikembangkan lagi dengan metode perhitungan yang lebih kompleks, misalnya ditambahkan dengan perhitungan tulangan rangkap, perhitungan kebutuhan tulangan pada balok T, dan perhitungan kekuatan penampang kolom dengan berbagai bentuk penampang, dan (3) Perlu adanya pengembangan lanjutan untuk menghasilkan sebuah program yang dapat digunakan dalam merencanakan struktur gedung secara utuh.