Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan Kas pada Koperasi Simpan Pinjam Senang Hati Sejahtera

mohammad farid saifuddin.

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Intenal, Penerimaan kas

 

Penerimaan kas merupakan salah satu bagian penting dalam perusahaan. Penerimaan kas yang kurang baik akan sangat rentan terhadap penyelewengan dan kecurangan sehingga berdampak pada kerugian yang perusahaan. Untuk itulah diperlukan sistem pengendalian intern terhadap penerimaan agar dapat meminimalisir terjadinya tindakan kecurangan, dan penyalahgunaan wewenang.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis sistem pengendalian intern penerimaan kas pada Koperasi Senang Hati Sejahtera Malang, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi serta memberikan saran atau recomendasi. Data yang di dapat dikumpulkan dengan metode wawancara, pengamatan langsung (observasi), dan studi pustaka. Medote pemecahan masalah yang digunakan untuk menganalisis tujuan penelitian ini adalah metode deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan di Koperasi Senang Hati Sejahtera Malang pada sistem pengendalian internal penerimaan kas sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki yaitu: tidak adanya pembagian tugas atau wewenang, prosedur pencatatan masih manual, dan  tidak adanya pemantauan secara langsung maupun pemeriksaan secara mendadak oleh fungsi pemeriksaan intern.