Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Produk di Pabrik Kripik Singkong Cap Lumba-Lumba Malang

Tri Purnawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnawati, Tri. 2017. Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Produk di Pabrik Kripik Singkong Cap Lumba-Lumba Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd, M.SA

 

Kata Kunci: Harga Pokok Produksi

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian pencatatan akuntansi keuangan pada Pabrik Kripik Singkong Cap Lumba-Lumba. Pencatatan akuntansi keuangan sangat diperlukan untuk membuat laporan akuntansi, khususnya adalah perhitungan harga pokok produksi. Pabrik Kripik Singkong Cap Lumba-Lumba membutuhkan laporan harga pokok produksi untuk menetapkan harga jual produk sehingga tidak telalu mahal ataupun terlalu murah. Selama ini, pabrik tersebut menetapkan harga jual berdasarkan perhitungan harga pokok produksi dari empat tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model perhitungan harga pokok produksi dan penentuan harga jual berdasarkan presentase laba yang diharapkan. Metode pemecahan masalah yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh (1) Perhitungan harga pokok produksi meliputi semua biaya produksi yang diklasifikasikan sebagai biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. (2) Biaya produksi yang dihabiskan untuk memproduksi satu kg kripik singkong rasa masis adalah Rp 23.434,04 sedangkan untuk kripik singkong rasa asin adalah Rp 23.679,59. (3) Laba yang diambil terlalu tinggi yaitu sebesar 350%.

Peneliti memberikan beberapa saran, yaitu (1) Melakukan perhitungan ulang biaya produksi sebab perhitungan biaya produksi terakhir sudah dilakukan empat tahun yang lalu dan diindikasi penetapan laba terlalu tinggi. (2) Melakukan pembukuan dan pencatatan akuntansi yang sesuai standart.