Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Sistem Pengendalian Internal Penjualan pada AA Packaging House Malang

Maulidya Andrini Putri

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Maulidya Andrini. 2017. Analisis Sistem Pengendalian Internal Penjualan Pada AA Packaging House Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, Penjualan

            Penjualan merupakan salah satu aspek penting bagi perusahaan dalam kegiatan usahanya untuk memperoleh laba. Pengelolaan penjualan yang kurang baik secara langsung berdampak pada kerugian perusahaan. Untuk itulah diperlukan sistem pengendalian internal penjualan agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya tindakan penyimpangan, kecurangan, dan penyalahgunaan wewenang.

            Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis sistem pengendalian internal penjualan pada AA Packaging House Malang. Data yang di dapat dikumpulkan dengan metode pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi. Metode pemecahan masalah yang digunakan untuk menganalisis tujuan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.

            Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan di AA Packaging House Malang pada sistem pengendalian internal penjualan adalah, bagian yang terkait penjualan adalah bagian penjualan, bagian produksi, bagian gudang dan bagian kas. Bagian penjualan bertanggungjawab melakukan otorisasi terhadap semua transaksi penjualan yang terjadi. Bagian produksi bertanggung jawab memproduksi barang sesuai keinginan pelanggan. Bagian gudang bertanggung jawab atas keluar masuknya barang jadi. Sedangkan bagian kas bertanggung jawab menerima pembayaran atas transaksi penjualan yang terjadi serta bertugas melakukan penyetoran kas ke Bank.